Manfaat Berlipat Dari Lumbung Ternak Wakaf

Lumbung Ternak Wakaf terus meluaskan manfaat dengan mengamanahkan ternak wakaf kepada 26 pondok pesantren yang ada di Pulau Jawa.

Sebanyak 26 pesantren telah menerima amanah dari Wakaf Ternak Produktif ini.
Ilustrasi. Sebanyak 26 pesantren di Pulau Jawa telah menerima amanah dari Wakaf Ternak Produktif. (ACTNews/M Fauzi Ridwan)

ACTNews, TASIKMALAYA – Lumbung Ternak Wakaf Global Wakaf-ACT di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, terus meluaskan manfaat. Sebanyak 25 pondok pesantren telah menerima ternak dari program ini per Jumat (30/4/2021) lalu.

“Awalnya, stok domba kita sebanyak 7.000 ekor lebih, kemudian sebanyak 1.250 ekor kita distribusikan untuk mendukung 25 pesantren Wakaf Ternak Produktif di wilayah regional Jawa Barat dan satu pesantren di Jawa Tengah. Sehingga jumlah domba yang saat ini di Lumbung Ternak Wakaf sekitar hampir 6.000 ekor,” kata Danu Putra Anugrah dari Tim Program Global Wakaf-ACT.

Selain mendistribusikan ternak, Lumbung Ternak Wakaf juga terus mengembangkan jumlah ternaknya. Sejak awal tahun 2021 hingga 30 April ini misalnya, total kelahiran ternak lebih dari 600 ekor.

“Angka kebuntingan periode kawin awal tahun 2021 ini sebesar 70%. Alhamdulillah, sejauh tahun 2021 ini, angka kematian ternak yang kami kelola masih nol,” ujar Danu.


Total kelahiran ternak domba di Lumbung Ternak Wakaf telah mencapai lebih dari 600 ekor. (ACTNews/Reza Mardhani)

Tidak hanya di Lumbung Ternak Wakaf, beberapa pesantren yang mendapatkan amanah ternak juga mendapati penambahan jumlah hingga sekitar 100 ekor selama selama empat bulan di tahun 2021 ini.

Selain kuantitas, kualitas juga diperhatikan

Sambil menjaga kuantitas ternak, Lumbung Ternak Wakaf juga terus menjaga kualitas. Kondisi lingkungan dan kesehatan ternak terus diperhatikan guna menghasilkan ternak terbaik.

“Tim kandang melakukan aktivitas, bersih-bersih lingkungan kandang, mencukur, memilih domba, dan melakukan sanitasi kandang secara rutin. Tim juga memantau penyakit apa yang mungkin diderita ternak-ternak saat ini,” jelas Danu.

Di satu sisi, tim akan terus berkoordinasi dengan pengurus pesantren penerima manfaat. ”Ke depan akan terus ada pelatihan bagi para pesantren penerima manfaat. Kami berharap amanah wakaf yang kami berikan ini dapat membawa manfaat berkali-kali lipat nantinya untuk mereka,”  harap Danu.[]