Manfaat Sumur Wakaf Disyukuri Warga Jabalia, Gaza

Selain untuk jemaah masjid, air bersih yang mengalir dari Sumur Wakaf di Masjid Ahbab Alrahman, Jabalia, Gaza dimanfaatkan masyarakat untuk berkebun.

Anak-anak memanfaakan air di Sumur Wakaf Masjid Ahbab Alrahman, Jabalia, Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Pemerintah Jabalia mengizinkan Global Wakaf-ACT mengebor sumur di wilayah utara Gaza itu. Desember 2020 lalu, juga berkat dukungan orang baik melalui Kitabisa, sumber air baru untuk masyarakat Jabalia hadir.

Said Mukaffiy dari Global Humanity Response - Aksi Cepat Tanggap melaporkan, Pemerintah Jabalia merekomendasikan wilayah di sekitar Masjid Ahbab Alrahman untuk pengeboran Sumur Wakaf. "Kami menghubungi Pemerintah kota Jabalia untuk mendapatkan izin. Pemerintah Kota Jabalia memberi kami nama Masjid Ahbab Alrahman karena daerah itu membutuhkan lebih banyak penyedian air dan mengalami kekurangan air," kata Said.

Di wilayah itu, sebagian besar penerima manfaat bergantung pada pertanian dalam mencari nafkah sehari-hari. Mereka bertanam buah, sayur, hingga zaitun.  Semua pemuda membantu ayah mereka dengan bertanam sebab tidak ada lapangan pekerja.

"Dengan Sumur Wakaf berkedalaman 83 meter yang dibangun di depan masjid ini, airnya dimanfaatkan warga untuk kebutuhan harian, beribadah, dan menyirami tumbuhan mereka," lanjut Said. Melalui Sumur Wakaf ini, Global Wakaf-ACT pun berikhtiar meningkatkan kesehatan dan kebersihan di lingkungan yang minim air.

Abdullah Aljamal (68) salah satu warga yang tinggal di Kamp Jabalia menuturkan, ia beserta 11 anggota keluarga lainnya turut merasakan manfaat Sumur Wakaf. "Saya tinggal bersama anak dan cucu di lingkungan Ahbab Al Rahman. Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendanai sumur ini dengan baik," kata Abdullah.[]