Manfaat Wakaf Ternak Produktif Hadir di Pondok Pesantren Assyuhada

Program Wakaf Ternak Produktif diharapkan dapat memberdayakan santri, para pengajar, dan masyarakat sekitar di Pondok Pesantren Assyuhada, Tasikmalaya.

Sebanyak 50 hewan Wakaf Ternak Produktif tiba di Pesantren Assyuhada pada Rabu (17/3/2021). (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Dari tempat yang berada diperbukitan ini muncul kebabahagiaan yang luar biasa. Terlihat suka cita santri Pondok Pesantren Assyuhada yang menyambut kedatangan  50 hewan ternak, Rabu (17/3/201).

Hewan ternak tersebut merupakan wakaf yang diserahkan Global Wakaf – ACT kepada Pondok Pesantren Assyuhada yang berada di Kampung Situjaya, Desa Bojongsari, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya. Melalui Program Wakaf Ternak Produktif, pesantren mengamanahkan pengelolaan ternak kepada para santri dan pengajar.

Ubaidillah, salah seorang pengurus pesantren yang juga terlibat dalam pengelolaan hewan ternak Wakaf Ternak Produktif, menjelaskan, WTP dimaksudkan untuk memberdayakan santri termasuk meningkatkan ekonomi pesantren.Sebagian besar santri yang turut mengelola ternak pun dari kalangan prasejahtera.


Hadirnya Wakaf Ternak Produktif diharapkan dapat mendorong pemberdayaan para santri. (ACTNews)

“Jumlah santri ada sekitar 40 orang. Sebagian besar biaya pendidikan mereka dibebaskan karena berasal dari keluarga prasejahtera. Begitu pun para pengajar, mereka tidak menerima honor dan mengajar dengan kesungguhan dan keikhalasan yang luar biasa. Sebab itu, kehadiran amanah Wakaf Ternak Produktif diharapkan bisa mendukung ekonomi pesantren. Alhamdulillah, justru dengan program ini sangat bisa membantu pesantren untuk membantu santri-santri juga untuk membangun pesantren beserta fasilitasnya agar terus memadai,” tambahnya.


Selain untuk pondok, kemanfaatan program ini juga akan diluaskan untuk masyarakat sekitar-yang sekaligus orang tua santri. “Insyaallah, jika sudah berkembang biak, kami berharap bisa memberdayakan masyarakat sekitar sebagaimana Lumbung Ternak Wakaf Global Wakaf – ACT yang ada di Desa Cintabodas,” tambah Ubaidilah.

Saat ini, Pondok Pesantren Assyuhada merupakan pesantren ke-22 yang dikunjungi Tim Global Wakaf – ACT Tasikmalaya untuk mendistribusikan amanah Wakaf Ternak Produktif. Fauzi Ridwan dari Tim Program ACT Tasikmalaya berharap semakin banyak pesantren yang terbedayakan melalui program ini. []