Mari Bantu Korban Bencana Longsor di Kabupaten Luwu Timur

Mari Bantu Korban Bencana Longsor di Kabupaten Luwu Timur

ACTNews, LUWU TIMUR – Meski masih ‘seumur jagung’ Aksi Cepat Tanggap/ACT Cabang Sulawesi Selatan terus menebar kepedulian dan manfaat untuk seluruh umat manusia di dunia, khususnya warga Makasar (Provinsi Sulawesi Selatan) dan sekitarnya.

Program yang kini tengah dijalankan adalah Program Kapal Kemanusiaan: Beras untuk Afrika, selain itu Tim ACT Cabang Sulawesi Selatan bersama Tim Relawannya dari Masyarakat Relawan Indonesia/MRI Sulawesi Selatan juga tengah merespon bencana longsor yang terjadi di Dusun Harapan Makmur, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur - Sulawesi Selatan.             

Kepala Cabang ACT Sulawesi Selatan, Syahrul Mubaraq (33) mengungkapkan Tim Emergensi Respon ACT Sulawesi Selatan bersama Tim MRI Sulawesi Selatan, terjun ke lokasi bencana longsor sejak Bencana terjadi pada Jum’at (12/5).

Alhamdulillah, ACT dan MRI Sulawesi Selatan menjadi lembaga kemanusiaan pertama non pemerintah yang tiba di lokasi bencana sejak bencana terjadi. Kami bersama elemen lainnya bergotong royong melakukan evakuasi korban longsor. Selain itu kami juga terus menyalurkan berbagai bantuan natura dan logistik yang dibutuhkan korban longsor yaitu berupa: makanan siap santap, air mineral,  pakaian, personal hygine dan beberapa kebutuhan lainnya,” ungkapnya.  

Seperti diberitakan sebelumnya bencana longsor  terjadi pada Jumat pagi (12/05), pukul 05.30 WITA, mengakibatkan 15 rumah warga rusak parah dan menelan 7 korban jiwa. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB, longsor ini  merupakan bencana yang paling banyak memakan korban jiwa, dibandingkan bencana sebelumnya yang terjadi di tahun 2014, 2015, dan 2016.

Pendataan terkini yang dihimpun Tim ACT Cabang Sulawesi Selatan 7 orang meninggal dunia  sudah teridentifikasi diantaranya: Sri Rahayu (24), Darwis (50), Muh. Zul (3), Rusli (35), Khairul Yoga (2), Nanny Puspitasari (19) dan Ernawati (45).

Sedangkan jumlah Kepala Keluarga/KK yang menjadi korban longsor berjumlah 18 KK dan sekitar 62 jiwa warga desa korban longsor dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Adapun korban luka-luka oleh Tim Relawan ACT-MRI Sulawesi Selatan,  TNI, Polri dan Pemadam Kebakaran, telah dievakuasi ke Rumah Sakit Wotu - Luwu Timur, untuk dirawat.

Saat ini Tim Relawan ACT-MRI Selatan bersama elemen lainnya masih melakukan pencarian dan evakuasi di wilayah lokasi longsor untuk mencari jenazah korban longsor  yang kemungkinan masih tertimbun longsor.

“Selain Tim kami terus mendampingi para korban Longsor dengan melakukan pencarian korban yang masih tertimbun, mendistribusikan bantuan logistik dan natura, beserta aktivitas lainnya. Kami juga membagi tim untuk proses asesmen, mendata wilayah bencana untuk aksi kami berikutnya di masa recovery pasca-longsor ini. Selain itu kami juga terus menghimpun donasi dan  bantuan  dari masyarakat, memaksimalkan bantuan untuk korban longsor,” terang Syahrul.                        

Saat ini para korban longsor sangat membutuhkan bantuan logistik seperti: makanan siap santap, selimut, air bersih, layanan kesehatan dan obat-obatan, pakaian, personal hygine, dan kebutuhan untuk korban longsor lainnya. Namun yang sangat dibutuhkan selain bantuan tersebut untuk korban longsor yang rumahnya tertimbun longsoran adalah hunian sementara, mereka sangat membutuhkan pembangunan hunian sementara untuk tempat tinggal mereka.

“Para donatur dan bantuan kemanusiaan terus berdatangan ke posko bencana ACT Dusun Harapan Makmur, Desa Maliwowo yang berada tidak jauh dari titik longsor,” tutur Nur Ali Akbar, Selaku Head of Program ACT Cabang Sulawesi Selatan. []

---------------------------

Mari ulurkan tangan anda, hapus duka saudara sebangsa. Berikan donasi terbaik anda  untuk korban longsor di Kabupaten Luwu Timur melalui:

 # BNI Syariah 66 0000 2219

# Mandiri 127 000 7816596

Atas nama Aksi Cepat Tanggap/ACT

Setelah berdonasi, mohon sms konfirmasi dengan format (Nama_Nominal_LL). Contoh : (Salman_200000_LL)

> Alamat Posko: Jl. Sultan Alauddin, Alauddin Plaza Ruko SSH No 8, Kota Makassar Sulawesi Selatan 90221, Indonesia

> Telp : +62411 898 6113

> SMS Center : 0852 1000 5667

> Email : act.sulsel@act.id

> Facebook : Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan

> Twitter & IG : @ACT_sulsel

 

 

 

Tag

Belum ada tag sama sekali