Masa Tua Mak Sari di Rumah Tak Layak dan Tanpa Penghasilan

Mak Sari, warga Kuningan, Jawa Barat, hidup dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk makan sehari-hari, ia hanya bisa berharap pada kebaikan orang sekitar.

rumah mak sari
Rumah Mak Sari di Kuninga Jawa Barat. (ACTNews)

ACTNews, KUNINGAN – Mak Sari (60), hidup seorang diri di rumah berukuran 3x3 meter. Rumah yang terletak di Desa Cidahu, Kabupaten Kuningan ini berdindingkan triplek dan berlantai tanah. 

Eric Richi Prasetyo dari tim ACT Kuningan, mengatakan, bangunan tersebut lebih mirip gubuk atau warung kecil dibandingkan rumah. Saat hujan, rumah Mak Sari kebocoran.

"Mak Sari tak bisa berbuat banyak. Kesehatannya sudah sangat menurun, tidak mampu banyak bergerak. Sehari-hari waktunya hanya dihabiskan di dalam rumah," kata Eric kepada ACTNews, Sabtu (28/5/2022). 

Untuk makan dan kebutuhan sehari-hari, Mak Sari mengandalkan kebaikan dari para tetangga. Ia tak memiliki anak atau saudara yang dapat menjadi tumpuan. "Sesekali tim ACT dan Relawan MRI Kuningan juga membantu Mak Sari membersihkan rumah beliau. Saat ini pun kami bersama dermawan tengah berikhtiar membangunkan rumah layak untuk Mak Sari," ungkap Eric. 

Ekonomi lansia di Indonesia 

Mak Sari adalah satu dari sekian banyak lansia di Indonesia yang hidupnya memprihatinkan. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, termasuk tiap kali peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh tiap 29 Mei.


Rumah yang ditinggali Mak Sari di Kuningan, Jawa Barat. (ACTNews)

Hasil Sakernas BPS pada Agustus 2021 mencatat, sebesar 75,56 persen lansia bekerja sebagai pekerja rentan. Artinya, sekitar tiga dari empat lansia bekerja dengan risiko tinggi untuk mengalami kerentanan ekonomi. Ini menjadikan kesejahteraan lansia terancam karena sulitnya akses ke pekerjaan yang layak. 

"Pada tahun 2021, rata-rata penghasilan lansia bekerja sebesar Rp1,34 juta per bulan. Lansia yang bekerja di sektor pertanian memiliki penghasilan paling rendah dibandingkan dengan lainnya, yaitu sebesar Rp1.002.000 per bulan," tulis BPS.[]