Masjid Baru, Dua Tahun Penantian Pascagempa Lombok

Masjid Ibadurrahman kini kokoh berdiri di Dusun Poan, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Dua tahun, pascagempa 2018 lalu warga menantikan kehadiran rumah ibadah baru.

Masjid Baru, Dua Tahun Penantian Pascagempa Lombok' photo
Masjid Ibadurrahman di Dusun Poan, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, selesai pembangunan. (ACTNews)

ACTNews, LOMBOK BARAT – Hampir dua tahun masyarakat Dusun Poan, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat beribadah di masjid sementara. Gempa Lombok Agustus 2018 lalu menghancurkan bangunan masjid di dusun itu.

Kini, rumah ibadah rapi dan kokoh sudah kembali berdiri. Awal September lalu, ACT Nusa Tenggara Barat baru saja merampungkan pembangunan Masjid Ibadurrahman. Tempat salat berukuran 12 x 12 meter itu berdiri di atas tanah wakaf milik Abdurrahman, Ketua RT 1 Dusun Poan.

“Warga juga membantu relawan konstruksi ACT membangun masjid ini. Kami membagi jadwal. Masjid ini sangat cepat dibangun, kami masih belum percaya,” kata Abdurrahman kepada tim ACT Nusa Tenggara Barat, Selasa (1/9).

Tokoh Masyarakat sekaligus Pengurus Masjid Ustaz Djamhur pun mengungkapkan terima kasihnya. Menurut Djamhur, sejak masjid roboh, warga juga telah melakukan penggalangan dana, namun belum cukup terkumpul.

“Alhamdulillah ACT membangun kembali masjid permanen di lokasi masjid yang runtuh. Saya mewakili warga Dusun Poan sangat berterima kasih kepada ACT dan donatur. Masjid yang begitu indah dan bagus ini sungguh melebihi harapan kami,” ungkap Djamhur. Ia juga menjelaskan, Masjid Ibadurrahman menjadi fasilitas lebih dari 300 kepala keluarga di tiga RT.

Kepala Cabang ACT NTB Lalu Muhammad Alfian mengungkapkan, ACT mendatangkan relawan konstruksi dari Tasikmalaya yang terlatih. Pembangunan Masjid Ibadurrahman hingga selesai pun hanya berlangsung 45 hari.

“Alhamdulillah masjid ini dari mulai pembangunan sampai selesai berjalan dengan lancar. Ini juga berkat doa warga Poan. Donatur juga melengkapi fasilitas masjid tersebut. Semoga Masjid ini bisa terus digunakan terus oleh semua warga,” kata Alfian. Ia pun mengajak sahabat dermawan mendukung kegiatan kemausiaan yang dilakukan ACT di wilayah Nusa Tenggara Barat dengan sedekah terbaik melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui rekening BNI Syariah 66 00000153 atas nama Aksi Cepat Tanggap.[]


Bagikan