Masjid Rusak Akibat Gempa Maluku Mulai Direnovasi

Masjid An Nur di Dusun Tanjung Air Panas, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, yang rusak berat akibat gempa M6,5 September lalu mulai dibangun kembali. Aksi Cepat Tanggap tengah memulai pembangunan tahap awal pada pertengahan Maret ini.

Masjid Rusak Akibat Gempa Maluku Mulai Direnovasi' photo
ACT mulai merenovasi Masjid An Nur di Dusun Air Panas, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah pada pertengahan Maret ini. (ACTNews)

ACTNews, MALUKU TENGAH – Pembangunan tahap awal Masjid An Nur di Dusun Air Panas, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah mulai dilakukan tim pembangunan Aksi Cepat Tanggap, Rabu (18/3). Pada tahap awal, tim memasang papan cor atap.

Koordinator Pembangunan Masjid An Nur Dede Abdul Rochman melaporkan, saat ini masjid direnovasi dengan ukuran 15x16 meter. Sejumlah pekerja bangunan didatangkan langsung dari Jawa Barat. “Tukang yang bekerja adalah mereka yang sudah mempunyai pengalaman membangun di daerah-daerah bencana sebelumnya,” terang Dede.

Pembangunan diikhtiarkan berlangsung selama dua bulan. Masjid permanen yang tengah direnovasi ini merupakan hasil kolaborasi masyarakat yang diurun melalui laman indonesiadermawan.id.

Sebelumnya, warga Dusun Air Panas melakukan salat berjamaah di tenda darurat. Warga mendirikan tenda sehari gempa bermagnitudo 6,5 membuat rumah ibadah itu rusak berat. Bangunan Masjid An Nur rentan roboh dan melukai warga, manakala gempa susulan terjadi.

Menurut data yang diperoleh tim ACTNews Oktober lalu, pekan ketiga pascagempa, para warga sudah bermusyawarah untuk membangun kembali masjid An Nur namuna masih terkendala biaya. Warga juga masih harus memperbaiki kondisi rumah mereka yang mayoritas rusak sedang dan parah sehingga dana diprioritaskan untuk pembangunan rumah.[]


Bagikan