Masuk ke Al-Aqsa, Pasukan Zionis Serang Warga Palestina yang Tengah Beribadah

Zionis Israel menerobos Masjid Al-Aqsa dan menyerang warga Palestina yang tengah beribadah subuh pada Jumat (15/4/2022). Sejumlah jemaah terluka akibat serangan tersebut.

israel serang al aqsa
Israel serang Masjid Al-Aqsa. (Dokumen Istimewa)

ACTNews, YERUSALEM – Serangan dilakukan pasukan Israel di dalam Kompleks Al-Aqsa khususnya di Masjid Al-Qibli di Yerusalem pada Jumat (15/4/2022) subuh waktu setempat. Ini menjadi gelombang serangan Israel yang kesekian kalinya selama Ramadan.

Berdasarkan video amatir yang diterima ACTNews, tampak asap memenuhi area masjid. Asap tersebut diduga berasal dari tembakan granat asap yang dilontarkan Israel ke warga Palestina yang tengah melakukan ibadah waktu subuh.

Dalam video juga tampak sejumlah warga Palestina terluka cukup parah. Tidak pandang bulu, baik tua maupun muda tak luput dari serangan Zionis. Beberapa yang terluka pun segera dirawat oleh tim medis Palestina yang bergegas ke lokasi. 

Andy Noor Faradiba, dari tim Global Humanity Network-ACT, menjelaskan, bentrokan kali ini merupakan serangan lanjutan dari pasukan Israel yang beberapa hari sebelumnya kerap memenuhi halaman Al-Aqsa.

"Sebelumnya mereka hanya di halaman-halaman masjid. Namun hari ini, mereka berani masuk ke dalam masjid dan melakukan serangan," ujar Faradiba, Jumat (15/4/2022). 

Berdasarkan laporan langsung dari salah satu warga Palestina di akun Twitter @SuleimanMas1, pasukan Israel juga dilaporkan turut melemparkan geranat kejut dan gas air mata ke para jemaah.

Hingga tulisan ini dibuat, belum diketahui pasti berapa jumlah korban dari kejadian tersebut.

Untuk diketahui, eskalasi serangan Israel terhadap warga Palestina kerap meningkat selama bulan Ramadan. Pada awal Ramadan, pasukan Israel menyerang sejumlah pemuda Palestina yang tengah berkumpul di Damaskus Gate, Bab El-Amoud, sekitar Al-Aqsa. Akibatnya belasan warga Palestina terluka. 

Sementara pada tahun lalu, agresi Israel ke Gaza yang menyebabkan ratusan warga Gaza syuhada, pemicunya adalah serangan Zionis di Al-Aqsa.[]