Masyarakat Jember Ikut Himpun Bantuan Kapal Kemanusiaan

Bantuan yang disalurkan berupa sembako, makanan instan, pakaian layak pakai, selimut dan perlengkapan ibadah, dan berbagai macam logistik lainnya. Semuanya akan dilayarkan Kapal Kemanusiaan pada Sabtu (30/1/2021) mendatang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pelepasan bantuan untuk Kapal Kemanusiaan dihadiri oleh Perangkat Desa Perumahan Bumi Mangli Permai, BABHINSA, KAMTIBMAS, dan Mangli Kaliwates Jember. (ACTNews)

ACTNews, JEMBER - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember memberangkatkan satu truk berisi bantuan dari para donatur Tapal Kuda (28/1/2021) untuk warga terdampak bencana di Kalimantan Selatan melalui Kapal Kemanusiaan. Pelepasan truk bantuan dilakukan di Perumahan Bumi Mangli Permai, yang mana warganya urun dana untuk pemberian bantuan tersebut.

Pelepasan bantuan kemanusian ini dihadiri oleh Perangkat Desa Perumahan Bumi Mangli Permai, BABHINSA, KAMTIBMAS, dan Mangli Kaliwates Jember. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tapal Kuda turut membantu terselenggaranya acara tersebut.

Bantuan yang disalurkan berupa sembako, makanan instan, pakaian layak pakai, selimut dan perlengkapan ibadah, dan berbagai macam logistik lainnya. Semuanya akan dilayarkan Kapal Kemanusiaan pada Sabtu (30/1/2021) mendatang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Beragam bantuan ini menjadi wujud kepedulian berbagai elemen masyarakat Jember. 

“Alhamdulillah ada banyak elemen masyarakat yang berkenan bergabung dengan ACT,  seperti komunitas mahasiswa, perkumpulan ibu-ibu PKK, bahkan ada dari Rukun Warga (RW), yang  bersedia meluangkan waktu untuk mengumpulkan donasi. Tak hanya peduli warga terdampak bencana di Jember saja, masyarakat Tapal Kuda turut berdonasi untuk korban bencana Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat,” jelas Dani Ardissa dari Tim Program ACT Jember.

Nuryadi selaku Ketua Lurah Perumahan Bumi Mangli Permai berharap bantuan yang dikirimkan dapat meringankan para penyintas bencana di Kalimantan Selatan maupun Sulawesi Barat. “Saya selaku perwakilan dari warga Perumahan Bumi Mangli Permai berharap bantuan yang kami salurkan dapat meringankan saudara-saudara kita di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Semoga warga terdampak tetap semangat, dan dapat segera bangkit kembali,” ujar Nuryadi.

Begitu pula yang diungkapkan oleh Suyadi selaku BABINSA Mangli Jember, yang memberikan dukungan kepada masyarakat luas, agar terus mengulurkan bantuannya kepada warga terdampak bencana di Indonesia.  Khususnya kepada warga Mangli Jember agar dapat terus bersemangat untuk saling membantu satu sama lain.

“Kami selaku warga Indonesia memang seharusnya membantu satu sama lain, apa lagi saat Indonesia dilanda banyaknya bencana,” tutur Suyadi.

ACT memberangkatkan dua Kapal Kemanusiaan menuju Sulawesi Barat dan Kalimantan. Masing-masing kapal memuat bantuan 1.000 ton pangan dan logistik untuk korban bencana. Seluruh bantuan dihimpun dari kedermawanan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. []