Masyarakat Kampung Mberu Tak Lagi Kesulitan Air Bersih saat Kemarau

“Banyak sumur yang kering jika musim kemarau. Masyarakat desa harus turun ke sungai untuk mengambil air bersih, biasanya untuk air minum. Padahal, jarak sungai kurang lebih tiga kilometer dari pemukiman warga,”

Sebelum pembangunan Sumur Wakaf, jemaah Masjid Nurul Yaqin amat kesulitan air bersih untuk berwudu. (ACTNews)

ACTNews, MANGGARAI TIMUR – Kebutuhan air bersih masyarakat Kampung Mberu, Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, amat sulit terpenuhi saat musim kemarau tiba. Jika dua pekan berturut-turut tidak turun hujan, air bersih yang tersedia di rumah-rumah warga langsung berkurang drastis.


“Banyak sumur yang kering jika musim kemarau. Masyarakat desa harus turun ke sungai untuk mengambil air bersih, biasanya untuk air minum. Padahal, jarak sungai kurang lebih tiga kilometer dari pemukiman warga,” kata Moch Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf – ACT.


Kekurangan air juga berdampak pada sarana MCK dan berwudu warga di masjid desa.    Salah satunya, Masjid Nurul Yaqin. Di musim kemarau, jemaah sungguh kerepotan saat berwudu atau buang air karena tidak ada air yang mengalir.


Proses pembangunan Sumur Wakaf di Kampung Mberu. (ACTNews)

Namun, kini keadaan sudah lebih baik. Oktober 2020 lalu, Global Wakaf – ACT berikhtiar menuntaskan permasalahan air di Kampung Mberu dengan menghadirkan Sumur Wakaf di Masjid Nurul Yaqin. Pembangunan pun selesai pada pertengahan Januari lalu.


“Ada 45 kepala keluarga yang kami targetkan menjadi penerima manfaat dari sumur ini. Selain jemaah masjid, kami berharap, Sumur Wakaf bermanfaat untuk warga desa secara umum. Insyaallah sumur bor dengan kedalaman 100 meter ini dapat menjadi sumber air baru bagi warga sekitar Kampung Mberu,” tutur Nurul. Selain di Kampung Mberu, Nurul mengajak para dermawan meluaskan manfaat Sumur Wakaf di wilayah-wilayah Nusa Tenggara Timur lainnya yang masih amat membutuhkan air bersih.


Mewakili para jemaah, Imam Masjid Nurul Yaqin, Abdullah, menyampaikan ungkapan terima kasih atas kebaikan para pewakif. “Harapan kami, Global Wakaf – ACT tetap semangat di jalan Allah untuk mewujudkan kebutuhan rumah Allah. Bantuan ini benar-benar bermanfaat untuk kami, dan semoga berkah kepada seluruh pengurus Global Wakaf – ACT,” doanya.[]