Masyarakat Mualaf Kampung Opang Rasakan Kurban Pertama Kali Sejak 20 Tahun

Pertama kalinya sejak 20 tahun, masyarakat di Kampung Opang, Kabupaten Pinrang, merayakan kurban. Kurban pertama di kampung mualaf ini, diharapkan bisa membuka kebaikan-kebaikan lain kepada mereka.

kurban kampung mualaf
Kampung Opang dihuni oleh sekitar 51 kepala keluarga di mana mayoritas merupakan mualaf. (ACTNews)

ACTNews, PINRANG – Menyemarakkan Iduladha 1442 H, Global Qurban-ACT menebar manfaat kepada para mualaf di Kampung Opang, Dusun Batusura, Desa Lembang Mesakada, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Pendistribusian dilakukan pada Jumat (23/7/2021) lalu.

“Alhamdulillah hari ini, tepatnya hari tasyrik ketiga kami dari Tim Global Qurban-ACT menghadirkan hewan kurban di Kampung Opang ini, salah satu kampung mualaf yang berada di pegunungan,” cerita Firman. 

Di pelosok Kabupaten Pinrang ini, sebanyak 51 Kepala Keluarga yang tinggal dengan keseharian mereka bekerja sebagai petani Kopi. Namun penghasilan dan kondisi ekonomi warganya yang masih sangat kecil, sehingga masih tergolong prasejahtera.


Firman berharap manfaat kurban yang diselenggarakan di Kampung Opang bisa lebih dari sekadar bantuan pangan. “Bukan hanya memenuhi kebutuhan  pangan berupa daging, akan tetapi besar harapan kami kegiatan ini dapat menumbuhkan serta menguatkan akidah saudara-saudara kita di Kampung Opang ini,” tambahnya.

Harapan senada diucap oleh Ambe Turu sebagai pemangku adat di Kampung Opang. Ia juga menceritakan mengatakan sudah 20 tahun lamanya sejak perkampungan tersebut didirikan, baru kali ini bisa merasakan kurban.

“Ini pertama kalinya kami disini merasakan nikmatnya daging kurban. Semoga ini menjadi pembuka untuk kebaikan-kebaikan lainnya sehingga Kampung Mualaf Opang ini bisa berkembang dengan baik dari segi ekonomi maupun dalam pendidikan agama," ungkapnya. []