Masyarakat Padang Tunjukkan Kepedulian untuk Palestina dan Lebanon

Masyarakat Padang menyerahkan donasi untuk Palestina dan Lebanon kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Pemerintah Kota Padang, Sabtu (15/8) lalu. Bantuan dari masyarakat Kota Padang ini diharapkan nantinya akan menginspirasi masyarakat di kota dan kabupaten lainnya di Indonesia.

Masyarakat Padang Tunjukkan Kepedulian untuk Palestina dan Lebanon' photo
Penyerahan bantuan dari Pemerintah Kota Padang kepada ACT Sumatra Barat. (ACTNews/Humas Pemerintah Kota Padang)

ACTNews, PADANG – Masyarakat Kota Padang kembali menunjukkan kedermawanan dan solidaritasnya. Kepedulian yang ditujukan untuk Palestina dan Lebanon ini terlihat saat acara gelar wicara nasional buku Buya Hamka yang berjudul “Setangkai Pena di Taman Pujangga” di rumah Dinas Wali Kota Padang pada Sabtu (15/8) lalu.

Donasi sebesar Rp300 juta (Palestina Rp200 juta dan Lebanon Rp100 juta) disalurkan melalui Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang didampingi oleh Kabag Kesra Kota Padang Amriman dan Kepala Bagian Bina Mental dan Spiritual Kota Padang, Zul Asfi Lubis. Amanah ini kemudian disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat, yang diterima langsung oleh ACT Sumatra Barat.

“Alhamdulillah, donasi ini kami kumpulkan pada saat salat Idulfitri dan Iduladha. Berkat tingginya kepedulian masyarakat Kota Padang, kita berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp300 juta dan kita salurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat," ucap Mahyeldi.

Dalam kesempatan itu, Mayheldi juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada ACT karena telah menjadi sarana bagi kedermawanan masyarakat. "Dan kami mewakili masyarakat Kota Padang mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada ACT yang telah menjembatani kedermawanan masyarakat Kota Padang. Dan sebagai bukti laporan yang dikirimkan oleh tim ACT, kita telah mengoperasikan satu mobil Ambulans di Gaza, Palestina. Dan semoga masyarakat Kota Padang diberikan dengan ganjaran pahala," tuturnya.


Begitu pula dengan Ibnu Khajar selaku Presiden ACT yang mengapresiasi semangat pemerintah serta masyarakat Kota Padang atas kepedulian yang mereka tunjukkan. "ACT memberikan apresiasi kepada masyarakat Kota Padang, sebagai Kota Dermawan. Karena Wali Kota Padang telah berhasil menggerakkan warganya untuk bisa berbagi dengan saudara-saudara kita di Palestina dan Lebanon," kata Ibnu.

Ibnu juga berharap kedermawanan ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lainnya di seluruh Nusantara. "Semoga kedermawanan masyarakat Kota Padang ini bisa dicontoh oleh kota dan kabupaten lainnya di Sumatra Barat dan Indonesia secara keseluruhan. Terima kasih kepada Wali Kota Padang Buya Mahyeldi dan seluruh masyarakat Kota Padang. Semoga kebaikan ini dibalas oleh Allah SWT dengan surga insyallah," ujarnya.

Seperti diketahui, Lebanon sebagai salah satu negara yang dibantu oleh masyarakat Kota Padang, baru saja mengalami tragedi kemanusiaan yang cukup pahit. Sebuah ledakan di Kota Beirut menewaskan 178 orang, melukai 6 ribu lainnya, dan 30 orang lainnya masih hilang.

Saat ini, ACT melalui mitra di Lebanon juga mengirimkan secara bertahap 10 ton bantuan pangan dan kesediaan obat-obatan seperti perlengkapan P3K dalam merespons tragedi kemanusiaan Lebanon. Aan Saputra selaku Head of Marketing ACT Sumatera Barat berharap dukungan akan terus mengalir.

“Kami mengajak para dermawan yang lain untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan solidaritas ini. Bantuan dapat dikirimkan melalui https://padang.indonesiadermawan.id/ , atau dapar disalurkan langsung melalui rekening Bank Mandiri di 127 000 77 21242 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Bantuan dari para dermawan saat ini tentunya berarti untuk mereka," ajak Aan.[]

Bagikan

Terpopuler