Masyarakat Relawan Indonesia di Malang Ikuti Pelatihan Disinfeksi

Aksi Cepat Tanggap Malang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia Malang melakukan pencegahan penularan virus corona di wilayah Kota Malang dan sekitarnya.

Masyarakat Relawan Indonesia Malang mengikuti pelatihan dari IDI Malang dalam membuat cairan desinfektan. (ACTNews/Muhammad Ihsan Syamsonda)

ACTNews, MALANG Aksi Cepat Tanggap Malang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia Malang melakukan pencegahan virus corona di wilayah Kota Malang dan sekitarnya, Selasa (17/3). Kerja sama dimulai dengan pelatihan personel Masyarakat Relawan Indonesia – ACT Malang yang tergabung dalam satgas Covid-19. Relawan menerima pelatihan disinfeksi pada fasilitas umum dari IDI Malang. 

Pelatihan yang difasilitasi oleh Puskesmas Polowijen, Kecamatan Blimbing, Malang ini meliputi teori–teori seputar pencegahan virus corona, pola hidup sehat, pembuatan larutan disinfeksi, hingga praktik langsung pembersihan area yang rawan penyebaran virus corona dengan alat semprot. 

Harapannya setelah melakukan pelatihan dan disinfeksi, ACT Malang dapat berperan dan menginspirasi masyarakat agar bisa turut andil dalam meredam penyebaran Covid-19.

Iqrok Wahyu dari Tim Program ACT Malang menerangkan, pergerakan virus corona sangat cepat, maka ACT harus lebih cepat untuk mencegah. “Melalui pelatihan relawan dan aksi relawan inilah salah satunya,” jelas Iqrok.

Rencana target fasilitas umum yang diprioritaskan disinfeksi adalah sekolah dan masjid. Menurut Iqrok, kedua tempat merupakan pusat perkumpulan massa yang masih ramai aktivitas. Selain melakukan disinfeksi fasilitas umum, ACT Malang juga memfasilitasi dan mengikhtiarkan edukasi guna pencegahan virus corona kepada masyarakat Malang.[]