Masyarakat Relawan Indonesia di Malang Perkuat Mitigasi Bencana 2021

Akhir tahun dibarengi dengan musim hujan yang berpotensi bencana hidrologi cukup besar. Merespons ini, ACT bersama MRI telah bersiap menghadapi bencana dengan menggelar apel kesiapsiagaan bencana.

Relawan MRI Malang Raya menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di depan Kantor ACT Malang. (ACTNews)

ACTNews, MALANG – Akhir dan awal tahun di Indonesia telah lazim jika sering datang bencana hidrologi. Hal ini umumnya dipicu oleh musim hujan. Tanah longsor dan banjir bisa terjadi sewaktu-waktu di berbagai wilayah. Apalagi, di akhir tahun ini, beberapa gunung api menunjukkan peningkatan aktivitas yang selalu perlu diwaspadai.

Merespons potensi bencana ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di berbagai wilayah telah menyiagakan relawan yang siap membantu masyarakat. Salah satu wilayah yang telah disiagakan relawan MRI untuk menghadapi potensi bencana ini ialah Malang Raya. Rabu (16/12), mereka mengadakan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana di depan kantor ACT Malang.

“Relawan MRI di wilayah Malang Raya siap membantu masyarakat untuk menghadapi potensi bencana,” ungkap Diki Taufik Sidik, Kepala Cabang ACT Malang.

Kesiapsiagaan relawan di Malang Raya ini dianggap penting karena beberapa waktu belakangan wilayah Malang beberapa kali menghadapi bencana alam. Salah satu yang cukup menyita perhatian ialah peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang masuk wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang.

“Untuk saat ini relawan MRI siaga 24 jam,” tambah Diki.

Selain di Malang, ACT bersama MRI secara serentak mengadakan apel kesiapsiagaan di berbagai kota di Indonesia. Kegiatan ini sekaligus untuk menguatkan koordinasi dalam tim tanggap darurat ACT dan MRI dalam menghadapi potensi kebencanaan di akhir dan masuk awal tahun.

“Masyarakat luas juga bisa ikut berpartisipasi dalam menghadapi kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu terjadi. Sedekah terbaik bisa disalurkan melalui laman resmi Indonesia Dermawan,” ajak Diki.[]