Melalui Muslim Fest, Global Wakaf Edukasi Masyarakat Luas

Melalui acara Muslim Life Festival, Global Wakaf mengedukasi masyarakat luas mengenai seluk-beluk wakaf. Strategi ini merupakan salah satu yang efektif untuk mengenalkan wakaf kepada masyarakat luas.

Melalui Muslim Fest, Global Wakaf Edukasi Masyarakat Luas' photo

ACTNews, JAKARTA - Masyarakat mengenal wakaf hanya sebatas masjid dan kuburan. Begitulah yang beberapa kali terdengar dari nazir dan wakif saat mendiskusikan wakaf di acara yang bertemakan Wakaf: Harmony Worship and Business pada Jumat (30/8) lalu.

Padahal nyatanya, wakaf lebih luas dari itu. Hal itu juga yang coba terus disosialisasikan oleh Global Wakaf kepada masyarakat luas. Melalui edukasi dan penjelasan-penjelasan mengenai portofolio wakaf produktif yang mereka kelola saat ini.

“Kesulitan lembaga wakaf dalam mengenalkan wakaf itu adalah pada wujud fisiknya. Kadang hanya bersifat literasi saja, tapi orang mungkin tidak terbayang wakaf itu seperti apa. Alhamdulillah hari ini Global Wakaf telah menyalurkan dana wakaf dan tanah wakaf yang kita produktifkan,” kata Rozky Wihardi, selaku Strategic Development Director Global Wakaf.

Rizky mencontohkan salah satunya melalui salah satu portofolio Global Wakaf, yakni Lumbung Pangan Wakaf (LPW), yang berhasil memproduksi 400 ton beras per harinya. Adanya LPW juga dapat memberdayakan petani sekitar agar lebih produktif lagi. Portofolio-portofolio tersebut yang digalakkan melalui Global Wakaf saat ini.

Untuk menjangkau masyarakat langsung, Global Wakaf bersama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Disaster Management Institute of Indonesia (DMII), juga berpartisipasi di salah satu stan Muslim Life Fest yang berlangsung semenjak Jumat (30/8) hingga Ahad (1/9) lalu. Kholisah dari tim Strategic Development Global Wakaf mengatakan stan tersebut akan menjelaskan wakaf kepada masyarakat yang berkunjung.

“Pasti akan kita jelaskan secara singkat mengenai apa itu wakaf, mengapa wakaf itu penting, dan program-program apa saja sebagai sasaran kita. Contoh kita ada beberapa program yang bisa kita tawarkan. Ada Ritel Wakaf, Warung Wakaf, Lumbung Ternak Wakaf, serta Lumbung Pangan Wakaf, yang nantinya manfaat-manfaat dari program tersebut kita salurkan kepada mauquf alaih,” ujar Kholisah.


Salah satu pengunjung yang mampir pada hari itu adalah Dwi Yuniarko. Hari itu ia berdonasi atas nama komunitasnya, yakni Klub Mobil Pecinta Sunnah atau Muslim Car Community. Menurutnya, visi dan misi lembaga-lembaga yang bernaung di bawah Global Islamic Philanthropy tersebut, sejalan dengan mereka, yakni bergerak untuk kemanusiaan.

“Insyaallah bisa bersinergi dalam kemajuan umat khususnya di bidang kemanusiaan. Dan kami alhamdulillah sudah berdonasi untuk kegiatan kemanusiaan di ACT. Semoga ke depannya, komunitas klub mobil kami bisa bersinergi dengan ACT dalam kegiatan kemanusiaan dan keumatan lainnya,” kata Dwi.

Untuk Global Wakaf sendiri, Dwi berharap agar lembaga ini bisa merangkul komunitas-komunitas muslim lainnya. Sehingga, akan lebih banyak lagi yang bisa bersinergi untuk kemanusiaan dengan Global Wakaf.

“Kami sendiri baru tahu ketika berkunjung sekarang. Akhirnya nanti semoga bisa bersinergi dengan komunitas-komunitas muslim lainnya, baik yang bergerak di bidang sosial maupun di bidang lain,” ujar Dwi.

Selain Dwi, pandangan Elin juga berubah ketika datang ke stan tersebut. Kebetulan ia sedang berdonasi untuk menuntaskan kekeringan lewat ACT. Guru sekolah ini tadinya berpikir bahwa wakaf tadinya mesti dengan dana yang banyak. Tetapi ternyata bisa dengan dana yang ringan.

“Terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya berwakaf, Global Wakaf juga harus mengedukasi bahwa wakaf itu tidak harus besar tapi bisa dalam dana yang terjangkau mungkin nanti diakumulasi sehingga saudara-saudara kita yang membutuhkan terbantu,” jelas Elin.

Edukasi wakaf yang didapat oleh Dwi dan Elin memang sesuai dengan harapan Global Wakaf. Rizky menjelaskan, ke depannya Global Wakaf akan terus berusaha berpartisipasi hadir di acara seperti Muslim Life Fest untuk memasifkan edukasi wakaf.

Fokus menghadirkan portofolio wakaf sebagai edukasi, akan menjadi tugas utama dari Global Wakaf. Sebagian lagi di acara-acara lainnya seperti WBF (Waqf Business Forum) dan Muslim Life Fest ini, juga Hijrah Fest yang pernah kita hadiri. Ini insyaallah ini akan membuat edukasi wakaf itu semakin masif. Insyaallah edukasi ini bisa diterima oleh berbagai macam kalangan,” harapnya. []

Bagikan