Melengkapi Kebahagiaan Saudara di Palestina Menyambut Ramadan

Kondisi ekonomi di Gaza yang belum stabil membuat tidak semua warga bisa membeli keperluannya, termasuk saat Ramadan nanti.

Ilustrasi. Relawan Aksi Cepat Tanggap di Yerusalem mempersiapkan bantuan pangan saat Ramadan 2020. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Ramadan disambut dengan sukacita di Palestina. Di Sooq Alzawia, salah satu pasar teramai di Gaza, misalnya, lorong-lorong pasar telah didekorasi dengan hiasan-hiasan berwarna cerah untuk menyambut pembeli.

Memasuki Sooq Alzawia, toko-toko berjejer. Ada penjual kudapan dengan berbagai jenis kurma dan kacang-kacangan yang tersedia. Kurma ini menjadi incaran warga untuk dikonsumsi saat berbuka. Ada juga penjual asinan khas Gaza yang diberi minyak zaitun, paprika, dan timun. Banyak penjual buah-buahan yang berjejer sepanjang jalan. Ada apel, jeruk, dan berbagai macam buah-buah segar lainnya. 

Bagi Abu Shabaan, salah satu penjual buah di Sooq Alzawia, ramadan kali ini masih sepi pembeli. Dulu, ia memiliki meja sepanjang lima meter penuh dengan buah dagangannya, namun saat ini hanya tersisa kurang lebih dua meter saja. Konidisi ini disebabkan pandemi Covid-19. Warga Gaza yang datang membeli menjadi berkurang sehingga dagangannya pun kurang laku.

“Semua kesulitan datang dalam waktu yang bersamaan. Pandemi corona, ekonomi yang sulit sehingga tidak ada pemasukan,” ujar Abu Shabaan saat dikunjungi  Tim Aksi Cepat Tanggap Gaza, akhir Maret lalu.

Kondisi ekonomi di Gaza yang belum stabil membuat tidak semua warga bisa membeli keperluannya di pasar ini. Anak muda di Gaza banyak yang menjadi pengangguran karena tidak tersedia banyak lapangan kerja untuk mereka. Kurangnya pekerjaan membuat keluarga Gaza terpaksa hidup tanpa penghasilan. Tidak jarang dijumpai warga Gaza yang tidak mampu memenuhi kebutuhan makannya setiap hari dan bergantung pada tetangga atau berhutang hanya untuk konsumsi setiap hari.



Pedagang buah di Pasar Sooq Alzawia, Gaza. (ACTNews)

Bantuan untuk Gaza

Ramadan ini ACT akan kembali mengirimkan bantuan ke Gaza yang menjangkau puluhan ribu penerima manfaat. Bantuan tersebut berupa makanan untuk sahur dan iftar, paket pangan untuk keluarga miskin, paket lebaran, wakaf sumur, karpet untuk masjid, tempat belajar Al-Qu’ran untuk anak-anak, dan paket lebaran.

Said Mukaffiy dari Global Humanity Response-ACT menjelaskan, bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban warga miskin di Gaza, utamanya dalam menjalani bulan Ramadan. Paket pangan yang dikirimkan kepada keluarga Gaza yang terdiri dari gandum, minyak, kacang-kacangan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan mereka untuk keperluan sahur dan berbuka puasa.

“Setiap tahun ACT selalu mengirimkan paket makanan dan mengimplementasikan program strategis lain di Palestina saat bulan Ramadan. Semoga tahun ini bantuan kita semakin banyak diterima oleh saudara-saudara Palestina. Untuk itu, kita selalu mengajak para dermawan untuk terus peduli dan berdonasi untuk saudara-saudara muslim kita di Gaza yang membutuhkan,” ujar Said.[]