Melihat Lebih Dekat Aktivitas Wakaf Distribution Center Jelang Ramadan

Wakaf Distribution Center, sebagai pusat distribusi bantuan, dikelola secara produktif dan profesional. Keberadaan WDC membuat distribusi Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf semakin baik serta diterima masyarakat dalam keadaan baik pula.

Pegawai sedang memindahkan beras, Kamis (20/3/2021)
Pegawai sedang memindahkan beras, Kamis (20/3/2021). Setiap hari, Wakaf Distribution Center menyalurkan 8 ton Beras Wakaf. (ACTNews/Ubaidillah).

ACTNews, BOGOR — Beberapa truk terparkir di halaman gedung berpagar hijau oranye, sementara satu truk sedang diisi logistik. Terlihat para pegawai bergotong royong memasukkan beras ke dalam truk satu per satu.

Setelah beras dimasukkan, truk berpindah ke bangunan yang berada di depannya diikuti para pegawai. Puluhan karton air minum dimasukkan ke dalam truk yang sama dengan beras, lalu truk melaju setelah pekerja memberi acungan jempol sebagai tanda selesai memasukkan barang. 

Jika melihat jauh ke dalam bangunan, ribuan karton bermerek Air Minum Wakaf siap konsumsi tertumpuk rapi di rak besi berwarna biru oranye. Tak ada satu karton pun tercecer di luar rak.  

Sementara itu, dua gedung sebelahnya, dipenuhi dengan tumpukan beras. Beberapa pegawai juga hilir mudik menarik beras dari rak dengan troli, lalu memindahkannya ke titik yang lain. 

Di sisi lain, pegawai sibuk menumpuk beras di atas kayu bantalan. Persis di sampingnya, Andre sedang menempelkan stiker Beras Wakaf di kemasan sebagai merek. “Dalam sehari, saya bisa menempelkan stiker di 5 ton beras yang sudah dikemas,” kata Andre di sela-sela pekerjaannya.

Lain dengan Andre, Nurul memiliki tugas mengemas beras ke dalam plastik. Selain itu ia juga diperintahkan untuk memperbaiki kemasan beras yang sobek atau rusak. Sehari ia bisa mengemas 3 ton beras. “Satu kantong beratnya 3 kilogram,” katanya.


Petugas sedang mengemas Beras Wakaf (ACTNews/Ubaidillah)

Seperti itulah gambaran aktivitas Wakaf Distribution Center (WDC) yang dikelola Global Wakaf - ACT di Desa Karanggan, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (20/3/2021). Kesibukan itu terjadi setiap hari dan melibatkan 24 pegawai. 

Koordinator Pengelolaan Wakaf Distribution Center Rinu mengatakan, dalam sehari WDC mendistribusikan sebanyak 8 ton Beras Wakaf dan 1.200 karton Air Minum Wakaf ke kantor-kantor cabang ACT di beberapa wilayah. “Setelah itu, baru akan didistribusikan ke penerima manfaat yang merupakan warga prasejahtera,” kata Rinu.

Ia menambahkan, Wakaf Distribution Center sebagai pusat penyediaan bantuan dikelola secara produktif dan profesional. Keberadaan Wakaf Distribution Center membuat distribusi Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf semakin baik serta diterima dalam keadaan baik pula.

“Wakaf Distribution Center merupakan bagian dari Gerakan Sedekah Pangan Nasional demi mewujudkan kedaulatan pangan bangsa. Padi-padi yang diserap dari petani dari program Wakaf Sawah Produktif juga nanti hasil berasnya dikumpulkan di sini,” ujar Rinu saat ditemui di Wakaf Distribution Center.

Menjelang Ramadan, WDC semakin sibuk. Menurut Rinu, jumlah Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf  yang akan didistribusikan kepada penerima manfaat akan bertambah. Sehingga, kebaikan yang akan tersampaikan juga meluas.[]