Meluaskan Manfaat Lumbung Sedekah Pangan di Tasikmalaya

Lumbung Sedekah Pangan kembali berjalan di Tasikmalaya. Terletak di depan kantor ACT Tasikmalaya, lumbung tersebut menebar manfaat untuk puluhan masyarakat prasejahtera yang sulit memenuhi kebutuhannya selama masa pandemi.

Para penerima manfaat sedang mengambil bahan pangan di Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews/Rimayanti)

ACTNews, TASIKMALAYA – Di Tasikmalaya, Lumbung Sedekah Pangan kembali menebar manfaat untuk masyarakat prasejahtera yang sulit memenuhi kebutuhan pangan. Program yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan itu berjalan di depan kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya.

Lumbung Sedekah Pangan ini bisa menyediakan sebanyak 50 paket bahan pangan untuk masyarakat. Lumbung tersebut juga bisa diisi langsung oleh para dermawan yang ingin berbagi kepada saudara sesamanya yang kesulitan. Hal ini disampaikan oleh M. Fauzi Ridwan dari Tim Program ACT Tasikmalaya.

“Alhamdulillah hari ini sebanyak 50 paket bahan pangan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kantor ACT Tasikmalaya melalui rak yang tersedia tepat di depan Kantor ACT. Insyaallah, program ini juga akan terus berjalan di beberapa titik lainnya,” ungkap Fauzi pada Kamis (27/8) lalu.

Salah satu penerima manfaat pada hari itu adalah Nisun (72), seorang pengayuh becak yang sudah beberapa bulan terakhir mengalami penurunan pendapatan. Ia pun seringkali kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian. Bantuan pangan dari Lumbung Sedekah Pangan dirasa Nisun bisa memenuhi kebutuhan makannya untuk 2-3 hari.


Para penerima manfaat sedang mengantre di depan kantor ACT Tasikmalaya. (ACTNews/Rimayanti)

“Alhamdulillah ACT bantu-bantu terus. Sekarang saya dapat ini (bahan pangan) bersyukur sekali, ini bisa kepakai 2-3 hari. Setidaknya di hari-hari itu, kebutuhan pangan saya terpenuhi dan tidak usah beli. Terima kasih ACT,” ungkapnya sambil melempar senyum.

Krisis ekonomi hingga sulitnya memenuhi kebutuhan pagan menjadikan Lumbung Sedekah Pangan sebagai solusi masyarakat prasejahtera bisa memenuhi kebutuhan pangan hariannya secara gratis dengan mengambil bahan pangan seperlunya di Lumbung Sedekah Pangan, tentu ini juga menjadi medium untuk masyarakat yang ingin berbagi pangan untuk sesama.


Hadirnya Lumbung Sedekah Pangan menjadi optimisme tersendiri. Dengan memperbanyak titik-titik lumbung tersebut diharapkan bisa menjadi solusi pemenuhan pangan masyarakat di tengah kondisi ekonomi sulit saat pandemi.

“Kerawanan pangan menjadi salah satu dampak yang dirasakan oleh banyak saudara kita yang prasejahtera. Oleh karena itu semoga Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk kembali menumbuhkan jiwa gotong-royong dan solidaritas sosial, di mana yang mampu membantu yang kurang mampu. Insyaallah apabila gerakan ini masif, maka permasalahan kerawanan pangan mulai bisa diatasi. Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan ini seluas-luasnya melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui rekening BNI Syariah 88 0000 9277 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” tambah Fauzi. []