Meluaskan Manfaat Sumur Wakaf Pesantren

Sumur Wakaf kembali meluaskan manfaat bagi santri yang tengah mengemban pendidikan agama. Kali ini hadir di Kampar, Riau.

sumur wakaf act
Kondisi fasilitas MCK Pesantren Miftahul Mu’arrif Desa Bandur Picak, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kampar. (ACTNews)

ACTNews, KAMPAR Pesantren Miftahul Mu’arrif terletak di Desa Bandur Picak, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kampar. Seiring berjalan waktu, minat dan antusias masyarakat untuk menitipkan anaknya meningkat dan membuat semakin banyak santri. Di sana, santri diberikan berbagai ilmu, termasuk menghapal Al-Qur’an.

Dengan semakin banyaknya santri, pesantren pun menambah fasilitas penunjang pendidikannya. Gedung kelas serta asrama putri dibangun. Namun, fasilitas sanitas di Pesantren Miftahul Mu’arrif masih terbatas. Air dari sumur yang ada terbatas, dan ketika kemarau sering kali mengalami kekeringan. Hal ini begitu besar dampaknya terhadap aktivitas pendidikan, karena air menjadi salah satu komponen utama mendukung ibadah.

“Pesantren yang memiliki lebih dari 100 santri ini sudah memiliki fasilitas sanitasi, tapi kadang tidak bisa mencukupi kebutuhan santri yang banyak. Sementara untuk pengeboran sumur membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ungkap Fimansyah, salah satu tenaga pengajar, Selasa (24/08/2021).

Untuk melengkapi fasilitas penunjang pendidikan ini, Global Wakaf-ACT kemudian membangun Sumur Wakaf lengkap dengan MCK untuk santri di Miftahul Mu’arrif. Proses pembangunan berlangsung selama tiga pekan hingga akhirnya benar-benar siap digunakan.

“Atas nama pengurus pesantren mengucapkan terima kasih kepada Global Wakaf-ACT dan dermawan, dalam hal ini Permata Bank Syariah atas bantuan Sumur Wakaf. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kebutuhan santri di sini,” tambah Firmansyah.[]