Memahami Kerelawanan Ala MRI Tapanuli Bagian Selatan

Memahami Kerelawanan Ala MRI Tapanuli Bagian Selatan

Memahami Kerelawanan Ala MRI Tapanuli Bagian Selatan' photo

ACTNews, SUMATERA UTARA - Setelah menempuh hampir 15 jam perjalanan darat dari Kota Medan, punggawa relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut), tiba di Kota Sibolga. Didampingi Kepala Program ACT Sumut Yessi Oktaviana, perjalanan jauh kali ini bukan tanpa pesan.

Agenda MRI Sumut kali ini merupakan agenda seru tentang orientasi kerelawanan, atau belajar memahami lebih jauh tentang kemanusiaan dan kerelawanan Ala MRI Sumut. Acara dilaksanakan di Kantor Camat Kec. Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sabtu (12/01). Seluruh relawan yang mengikuti kegiatan ini berjumlah sekitar 40 orang.

Tidak hanya dilaksanakan di Sibolga, sepanjang agenda orientasi ini, juga dilakukan di wilayah yang termasuk Tapanuli Tengah. Di atas peta, jarak kedua kabupaten ini tak terlalu jauh.

Menurut Fadhli Septavianra selaku Kepala Cabang ACT Sumut, orientasi atau pengenalan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para relawan tentang pergerakan ACT dan MRI. Mempelajari kolaborasi antara kemanusiaan dan kerelawanan.

Selain itu, kegiatan orientasi ini pun digunakan untuk menumbuhkan jiwa kerelawanan dari peserta orientasi. Arif selaku Ketua MRI Sibolga mengatakan bahwa, orientasi ini dimaksimalkan agar seluruh relawan bisa memahami bagaimana seharusnya menjadi anak muda yang bermanfaat.

“Menumbuhkan kemanusiaan dan kerelawanan untuk membangun kepedulian di daerahnya,” ujarnya.

Orientasi relawan juga dilakukan di Kota Padang Sidempuan

Berselang sehari dari kegiatan di Kota Sibolga, Ahad (13/01) kemarin kegiatan berlanjut. Orientasi relawan MRI dilanjutkan di Kota Padang Sidempuan tepatnya di kompleks sekolah SIT Darul Hasan.

Kali ini, sekira 50 peserta hadir. Darman Sembiring selaku Ketua MRI Padang Sidempuan mengatakan, walau kehadiran ACT MRI di Sidempuan baru berjalan sekitar dua bulan, namun sudah melakukan beberapa aksi kemanusiaan.

“Harapannya dengan orientasi ini bisa semakin menambah relawan di Padang Sidempuan dan semakin banyak aksi-aksi kemanusiaan yang bisa dilakukan di Padang Sidempuan,” jelas Darman.

Memaparkan tentang agenda kerelawanan yang berjalan di Sumut, Ali Saniur selaku Ketua MRI Sumut menyampaikan kepada peserta bahwa, relawan harus menjadi agen perubahan di daerah masing-masing.

“Menjadi pengubah dengan cara memunculkan isu-isu lokal yang bisa diangkat menjadi program kemanusiaan, membuat aksi-aksi rutin setiap pekan. Dan semoga dengan kehadiran ACT MRI di Tapanuli Bagian Selatan ini (Sibolga,Tapanuli Tengah dan Padang Sidempuan) mampu menggerakkan kepedulian masyarakat untuk peduli kepada sesama,” tutur Ali. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan