Memaksimalkan Potensi Pesantren Miftahul Ulum lewat Pelatihan Ternak

Global Wakaf-ACT mengamanahkan sejumlah domba ternak kepada Pesantren Miftahul Ulum di Tasikmalaya. Melalui program Wakaf Ternak Produktif, pesantren diharapkan dapat mengembangkan potensi santri dan memenuhi kebutuhan pesantren.

Melalui pelatihan dari program Wakaf Ternak Produktif, para santri diharapkan dapat belajar sekaligus terus mengembangkan ternak yang telah diamanahkan. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Pondok Pesantren Miftahul Ulum Gandok yang berada di Kampung Gandok II, Bungursari, Kota Tasikmalaya, memiliki santri sebanyak 153 orang dengan berbagai macam latar belakang. Potensi para santri inilah yang hendak dimaksimalkan pondok untuk berdikari.

Miftahul Ulum merupakan salah satu pesantren yang menerima amanah 50 domba ternak dari Global Wakaf – ACT, pertengahan Februari lalu. Amanah itu merupakan bagian dari program Wakaf Ternak Produktif.

Pengurus Pesantren Miftahul Ulum Abuya Ismet menerangkan, domba-domba itu akan diurus oleh para santri. Dalam jangka panjang, hasil ternak akan dimanfaatkan pesantren untuk biaya operasional dan kebutuhan santri yang sebagian dari keluarga prasejahtera dan yatim.


Satu bulan berselang setelah penyerahan Wakaf Ternak Produktif, domba-domba di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Gandok telah bertambah jumlahnya. (ACTNews)

“Di sini, 73 persen santrinya dari kelaurag yatim dan duafa. Kami memberikan kesempatan belajar yang sama untuk mendapatkan ilmu agama dan meneruskan perjuangan islam sebagai warasatul anbiya (pewaris para nabi),” ungkapnya.

Pelatihan Ternak untuk Para Santri

Satu bulan berselang, domba-domba ini sudah mulai berkembang biak. Pelatihan mengurus ternak secara rutin dilakukan, salah satunya pada Sabtu dan Ahad (13-14/3/2021) lalu. Pelatihan inipun disambut baik oleh Rifki salah satu santri sekaligus pengurus hewan ternak. “Jujur, pelatihan seperti ini jadi hal yang sangat kami tunggu. Kami dapat banyak banget ilmu untuk merawat dan menyukseskan pengurusan amanah hewan ternak ini. Harapannya mudah-mudahan bisa berlangsung secara rutin,” ungkapnya.


Dadi Mawardi, salah satu perwakilan pesantren, juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Global Wakaf-ACT. “Alhamdulillah saat ini sebagian domba sudah melqhirkan. Semoga kami bisa mengemban amanah ini dengan baik,” kata Dadi.  []