Memastikan Ketersediaan Air Minum Wakaf Selama Ramadan

Selama Ramadan, akan ada 192 ribu karton Air Minum Wakaf yang akan dibagikan ke dua juta penerima manfaat. Salah satu produksinya dilakukan di Lumbung Air Wakaf yang terletak di Payakumbuh.

1
Air Minum Wakaf yang merupakan produk Lumbung Air Wakaf. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, PAYAKUMBUH – Ikhtiar pemenuhan pangan selama Ramadan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) tak hanya menghadirkan gerakan dan aksi-aksi kebaikan saja. Akan tetapi, usaha ini diiringi dengan memastikan ketersediaan pasokan pangan agar stok kebutuhan selalu ada.

Salah satu langkah yang diambil ialah mengaktivasi Lumbung Air Wakaf dari Global Wakaf-ACT di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan Payakumbuh Barat, Payakumbuh, Jumat (16/4/2021). Lumbung pangan yang beroperasi dari hasil pengelolaan dana wakaf ini, akan menghadirkan produk Air Minum Wakaf yang bakal didistribusikan ke masjid, pesantren, sekolah hingga warga prasejahtera selama Ramadan. Sambutan pun datang, baik dari warga serta pemerintah daerah setempat.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Elzadaswarman mengatakan, pihak pemerintah daerah sangat mengapresiasi kehadiran ACT di Payakumbuh. Terlebih, ACT datang dengan program-program kebaikannya yang menyasar warga prasejahtera sebagai penerima manfaat utama.

“Berbicara amal, banyak lahannya, banyak medium yang dimanfaatkan, dan banyak yang bisa berbuat. Tapi amanah yang bisa terstruktur dan membumi seperti ACT merupakan hal yang luar biasa,” ungkap Elzadaswarman.

Lumbung Air Wakaf di Payakumbuh, selama Ramadan, nantinya bakal menghadirkan Air Minum Wakaf untuk mendukung Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan dengan area distribusi Sumatra Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Target total produksi mencapai 16 ribu karton air minum dalam kemasan. Untuk distribusi, ACT bakal menghadirkan air minum gratis ini melalui cabang-cabang ACT yang tersebar di berbagai daerah.

“Kehadiran Lumbung Air Wakaf di Payakumbuh ini akan memproduksi Air Minum Wakaf untuk masyarakat di Sumbar, Riau dan Kepri. Kegiatan produktif ini merupakan buah kolaborasi dengan PT Multirejeki Selaras dengan memaksimalkan dana wakaf yang Global Wakaf himpun,” jelas Almuhsinin dari tim Program Global Wakaf-ACT Payakumbuh.

Untuk diketahui, Lumbung Air Wakaf dari Global Wakaf tak hanya ada di Payakumbuh saja. Beberapa hari lalu, lumbung pangan tersebut juga memulai aktivitasnya di wilayah Lhokseumawe untuk menyuplai kebutuhan air minum gratis untuk wilayah Aceh dan Sumatra Utara. Untuk mendukung Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan, total akan hadir 192 ribu karton air mineral dengan penerima manfaat sekitar dua juta orang.[]