Membahagiakan Warga Tasikmalaya melalui Sumur Wakaf

Sanitasi telah lama menjadi masalah bagi warga Kampung Pager, Tasikmalaya. Tidak semua warga memiliki MCK sehingga warga mesti mengambil di sungai dengan debit air yang terbatas. Global Wakaf - ACT membangun Sumur Wakaf untuk mengatasi hal tersebut.

Membahagiakan Warga Tasikmalaya melalui Sumur Wakaf' photo
Warga Kampung Pager bersama Global Wakaf - ACT saat serah terima Sumur Wakaf. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Warga Kampung Pager, Desa Cikadodong, Kabupaten Tasikmalaya, nampak senang pada hari itu. Belasan orang menghadiri serah terima Sumur Wakaf yang selesai dibangun pada Senin (20/1) lalu. Tak lupa mereka mencoba juga jernihnya air yang mengalir dari Sumur Wakaf. Beberapa bahkan membawa ember untuk menampung dan membawa pulang airnya.

Sanitasi memang sudah lama menjadi masalah bagi warga Kampung Pager. Selama ini masyarakat menggunakan air seadanya yang berasal dari sungai yang debit airnya kecil. Terutama ketika kemarau tiba. Sungai mengering sehingga masyarakat menggunakan air seadanya saja. Keadaan itu juga yang dihadapi masyarakat ketika hendak beribadah.

“Sumur Wakaf yang kita bangun di Kampung Pager berada di Masjid Nurul Hasanah karena masjid ini sama sekali belum memilki sumur. Mereka hanya menggunakan air dari sungai sedangkan sekarang sungainya kering karena musim kemarau. Sehingga, masyarakat kesulitan mendapat air ketika akan melaksanakan salat,” kata Wahyu Nur Alim dari Tim Global Wakaf – ACT.


Ibu-ibu warga Kampung Pager selesai berwudu di Sumur Wakaf. (ACTNews)

Selain bermanfaat bagi sekitar 245 jemaah masjid yang kerap melaksanakan aktivitas keagamaan, Sumur Wakaf dan MCK ini nantinya juga diharapkan dapat berguna bagi masyarakat umum lainnya. Mengingat sebagian masyarakat masih belum memiliki MCK.

Bahkan masyarakat belum memiliki MCK umum. Jadi kita berharap tidak hanya bagi aktivitas jemaah, tapi juga bisa digunakan untuk sarana mandi, mencuci, bahkan konsumsi sekitar 100 kepala keluarga yang berada di Kampung Pager,” kata Wahyu.


Warga senang dengan kehadiran Global Wakaf – ACT yang telah menyampaikan amanah masyarakat kepada warga Kampung Pager. Mereka berterima kasih atas berdirinya Sumur Wakaf di kampungnya karena kini mereka tak perlu lagi kesulitan mencari air bersih.

“Saya atas nama keluarga besar Dewan Kemakmuran (DKM) Masjid Nurul Hasanah menghaturkan beribu terima kasih kepada Global Wakaf – ACT. Alhamdulillah karena sudah membangun fasilitas MCK dan tempat wudu di Masjid Nurul Hasanah. Mudah-mudahan kegiatan mulia ini menjadi amal saleh dan saleha yang makbul,” ujar Ujang, warga sekitar yang juga merupakan DKM Masjid Nurul Hasanah. Ia juga mendoakan kepada wakif agar senantiasa mendapat berkah dari kepeduliannya ini. []


Bagikan