Membawa Berkah Kurban hingga ke Mahakam Ulu

Mahakam Ulu adalah sebuah kabupaten di Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Akses transportasi ke sana masih terbatas. Namun, alhamdulillah untuk kedua kalinya Global Qurban-ACT menyapa tepian negeri ini melalui program Syukuran Qurban.

Membawa Berkah Kurban hingga ke Mahakam Ulu' photo

ACTNews, MAHAKAM ULU - Global Qurban-ACT Kalimantan Timur kembali mendistribusikan hewan kurban di perbatasan negeri, tepatnya di Kabupaten Mahakam Ulu pada Ahad (11/8) hingga Selasa (13/8). Untuk mencapai wilayah yang berada di utara Kalimantan Timur itu dibutuhkan perjuangan keras. Perjalanan panjang selama 24 jam harus ditempuh melalui jalur darat dan air (sungai). Bahkan untuk menuju wilayah perbatasan Republik Indonesia dan Malaysia ini hanya bisa diakses menggunakan helikopter.

Mahakam Ulu merupakan wilayah yang terkena banjir besar sebulan lalu. Kabupaten ini  merupakan wilayah tepian Indonesia dengan kondisi fasilitas minim. Listrik belum menjangkau Mahakam Ulu. Untuk penerangan di malam hari, warga menggunakan pasokan listrik dari genset. Selain itu, akses jalan sangat berat dan menyulitkan mobilitas warga serta pasokan bahan pangan dan logistik. Kondisi ini berakibat pada melambungnya harga-harga bahan pokok. Tak heran, di Mahakam Ulu banyak ditemukan produk Malaysia dengan harga yang lebih terjangkau.

Kesulitan akses jalan juga dirasakan oleh siswa sekolah. Mereka terpaksa menempuh perjalanan berjam-jam menembus jalan rusak dan menyeberangi sungai untuk pergi-pulang ke sekolah. 

Pada momen perayaan hari raya Iduladha 1440H Global Qurban ACT kembali menyapa masyarakat Mahakam Ulu dengan program distribusi hewan kurban dan acara Syukuran Qurban. 

“Ini merupakan ikhtiar Global Qurban-ACT yang berkomitmen untuk mendistribusikan hewan kurban hingga ke pelosok negeri, bahkan hampir 50 negara di dunia. Alhamdulillah, ini tahun kedua kami menyapa masyarakat Mahakam Ulu melalui program Indonesia Berqurban dan Dermawan Berqurban,” jelas Muhammad Iqbal dari Tim Program Global Qurban-ACT Kaltim.

Momen kurban ini juga sekaligus menjadi momen keakraban dan kebersamaan masyarakat setempat dan anggota TNI yang tergabung dalam Pamtas (Pengamanan Perbatasan) 303. Bahu membahu, warga dan personel Pamtas 303 melakukan proses penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian hewan kurban. Ada dua ekor sapi seberat 220-250 kg yang dipotong kali ini. 

“Malam ini kita lanjut Syukuran Qurban untuk merekatkan kebersamaan,” tambah Muhammad Iqbal . 

Kehadiran kembali Global Qurban-ACT di Mahakam Ulu disambut gembira masyarakat dan juga pasukan penjaga perbatasan Pamtas 303. Letkol. Inf. Taufik Ismail selaku GasPamtas RI Malaysia 303 mengapresiasi aksi Global Qurban di tepian negeri. 

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Global Qurban-ACT atas bantuan kurbannya kepada kami dan masyarakat yang berada di wilayah pedalaman,” ucap Taufik Ismail. 

Kegiatan distribusi hewan kurban ke Mahakam Ulu dan wilayah tepian negeri merupakan program inovatif Global Qurban ACT untuk menebar kebahagiaan ke daerah-daerah yang selama ini minim perhatian publik. Di Mahakam Ulu, dua tahun terakhir, sekitar 360 warga yang mayoritas berprofesi sebagai pekebun dan pengrajin rotan bersama-sama personel TNI anggota Pamtas 303 merasakan hikmah dan kebahagiaan yang luar biasa bisa merayakan hari raya Iduladha sekaligus menyembelih hewan kurban dan menikmati dagingnya bersama-sama. 

“Kami berharap agar Global Qurban ACT bisa terus hadir bersama teman-teman pedalaman di Mahakam Ulu,” tambah Letkol. Inf. Taufik Ismail, Selasa (13/8). []

Bagikan