Membentuk Relawan Sejati yang Siap Mengabdi

Volunteer Camp 2021 digelar di Kawasan Perkemahan ASRAM Edupark, Kabupaten Sleman pada akhir Oktober lalu. Kegiatan untuk relawan Masyarakat Relawan Indonesia ini diharapkan mampu mencetak relawan tangguh yang siap mengabdi di tengah masyarakat.

volunteer camp
Sejumlah relawan MRI Yogyakarta ikuti Volunteer Camp di di Kawasan Perkemahan ASRAM Edupark, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Volunteer Camp 2021 di Kawasan Perkemahan ASRAM Edupark, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (30/10/2021) lalu. Kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan relawan-relawan sejati dan dapat meluaskan peran relawan dalam berbagai misi kemanusiaan di masyarakat.

Ketua MRI Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Fauzi Husada Carnelian mengatakan, kegiatan ini menjadi awalan yang baik untuk mengkonsolidasi dan menguatkan kontribusi relawan di tengah masyarakat. Tema “Relawan Sejati, Tak Pernah Berhenti Mengabdi” digaungkan dalam kegiatan ini, harapannya, setelah volunteer camp, relawan siap bertugas dalam melayani masyarakat, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Alhamdulillah kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari dengan memenuhi protokol kesehatan seperti pengecekan suhu peserta, panitia dan tamu undangan. Teman-teman relawan pun sangat antusias mengikuti setiap sesi ini dikemas dengan sangat menarik," ujarnya, Selasa (2/10/2021). 

Fauzi melanjutkan, di Volunteer Camp ini, relawan diberikan berbagai pengetahuan kerelawanan sebagai bekal terjun ke masyarakat. Mulai dari pengembangan sosial, praktek Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Fire Rescue dan penanganan laka lainnya.

Sementara itu, Brigjen TNI Afianto selaku Komandan Korem 072/Pamungkas yang juga hadir dalam kegiatan tersebut berpesan kepada seluruh relawan yang hadir. Ia berharap tim MRI menjadi relawan yang tangguh. Hal tersebut bukan tanpa alasan, misi kemanusiaan tidaklah mudah, maka perlu relawan tangguh dan bersedia mengabdi.

"Selamat Belajar. Semoga lancar dan sukses, serta dapat melahirkan relawan-relawan tangguh yang siap terjun dalam misi-misi kemanusiaan," ungkap Afianto.[]