Memberdayakan Peternak Lokal dan Warga Sekitar Menjelang Iduladha

Global Qurban - ACT tahun ini akan berkolaborasi dengan peternak lokal. Pemberdayaan dari peternakan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Memberdayakan Peternak Lokal dan Warga Sekitar Menjelang Iduladha' photo
Budi saat berada di kandang sapi miliknya di Ciampea, Bogor. Peternakan itu ia rintis sejak 2002 lalu. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR Ada ratusan domba dan kambing serta sekitar 50 ekor sapi yang saat ini ada di peternakan milik Budi Susilo di Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Jumlah itu nantinya akan terus bertambah seiring semakin dekatnya Hari Raya Iduladha. Tim peternakan tiap harinya terus merawat ratusan hewan ini. Memberi pakan terbaik serta membersihkan kandang menjadi agenda rutin dan wajib.

Tim peternakan jumlahnya mencapai belasan orang. Mereka merupakan masyarakat yang tinggal di sekitar peternakan yang dirintis sejak 2002 silam. Budi sendiri tak menjadikan profit menjadi tujuan utama. Landasannya membangun peternakan ini untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya warga yang tinggal di sekitar peternakan. Ia percaya, jika orientasinya pada kebaikan bersama, maka profit pun akan mengiringi tanpa dicari.

“Peternakan ini berdiri atas dasar ingin memberdayakan masyarakat, khususnya di bidang peternakan. Kami mengutamakan warga yang tinggal di ring 1 peternakan,” jelas Budi, Selasa (9/6).

Menjelang hari raya seperti sekarang ini, tim peternakan milik Budi semakin sibuk. Hewan untuk kurban pun terus berdatangan, asalnya dari Jawa Timur dan Bali. Tindakan khusus pun harus dilakukan karena dikhawatirkan hewan kurban mengalami stres sepanjang perjalanan. Ini lah yang kemudian menjadi tugas tim peternakan di bawah Budi.

Pria lulusan Institut Pertanian Bogor itu tak ingin sukses sendirian. Selain warga sekitar yang diberdayakan, Budi pun membuka kesempatan bagi siapa saja, baik mahasiswa ataupun masyarakat biasa yang ingin belajar di bidang peternakan.

Peternakan milik Budi merupakan salah satu peternakan yang memasok hewan kurban untuk Global Qurban - ACT. Empat tahun sudah kerja sama terjalin. Tujuannya menyediakan hewan kurban dengan kualitas terbaik. “Adanya kerja sama ini membuat kebanggaan tersendiri bagi kami (tim peternakan), karena melalui Global Qurban, hewan kurban dari sini bisa dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas,” ungkapnya.

Terjalinnya kerja sama dengan Global Qurban - ACT selama bertahun-tahun itu, Budi mengungkapkan, karena kesamaan visinya terkait kemanusiaan dan berorientasi kepada penerima manfaat. Hal ini juga yang mendasari Budi untuk terus menjalin kerja sama, yakni adanya dampak pemberdayaan peternak lokal yang membawa manfaat bagi masyarakat luas.[]


Bagikan

Terpopuler