Memberikan Pelayanan Kesehatan Terbaik bagi Masyarakat Riau

“Setelah saya periksa dan kasih alat bantu pernapasan, saya menemukan penyakit asma yang ada didalam dirinya dan harus segera diobati,” terang dr. Arini saat menangani pasien sesak napas terdampak kabut asap.

Tim Medis ACT melakukan penanganan kepada pasien gangguan pernapasan terdampak kabut asap karhutla. (ACTNews/fathoni)

ACTNews, PEKANBARU – Wahyu mengantar ayahnya, Arifin (70) tergesa-gesa ke posko kesehatan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Perumahan Marwah Indah, Rimbo Panjang, Kabupaten Riau. Ia turun dari motor dengan keadaan sangat lemas hingga  harus ditopang oleh tim Medis ACT untuk bisa berjalan. Sore itu, Jumat (20/9) sekitar pukul 03.15 WIB tim Medis ACT sedang bersiap pindah ke daerah berikutnya.

“Saat kami mau masuk mobil dan akan pergi, Pak Arifin datang dengan keadaan sesak napas. Kami segera membantu,” ujar dr. Arini Retno Palupi dari Tim Medis ACT.

Penangan medis pun segera dilakukan oleh dr. Arini, menurutnya, Arifin sudah sangat lama tidak tidak mendapat penanganan kesehatan. Ia kekurangan oksigen dan terlalu banyak menghirup udara kotor juga tidak memakai masker selama kualitas udara memburuk akibat kabut asap terjadi.

Selain sesak napas, Arifin mengalami sesak napas, batuk, mata perih dan penyakit asma yang sebelumnya tidak pernah ia rasakan. “Setelah saya periksa dan kasih alat bantu pernapasan, saya menemukan penyakit asma yang ada didalam dirinya dan harus segera diobati,” terang dokter.


Arifin mengaku, ia hanya merasa sangat lelah dan tidak menyangka penyakit asmanya harus mendapat pengobatan yang lebih lanjut ke rumah sakit. Wahyu, anak Arifin, mengatakan, ayahnya sudah lama mengalami sesak napas dan batuk.

“Sudah dua minggu Bapak saya sesak napas dan batuk-batuk di rumah. Saya belum berani membawanya ke rumah sakit karena tidak adanya ongkos untuk berobat,” aku Wahyu.

Sudah hampir tiga minggu pekat asap menyelimuti udara Riau. Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Pekanbaru menunjukkan status berbahaya. Warga sangat tidak dianjurkan beraktivitas di luar ruangan tanpa mengenakan masker.

Pelayanan kesehatan ACT pun terus berlanjut selama dampak kabut asap masih dirasakan warga Riau. Selain memberikan pelayanan kesehatan, ACT juga membuka posko kepedulian bencana kabut asap. Posko tersebut berada di Kantor ACT Cabang Pekanbaru, Jln H.R Subrantas No 84, Pekanbaru, Riau.[]