Memenuhi Harapan Samah untuk Miliki MCK Layak

Sebelum dibangun Sumur Wakaf Keluarga, untuk berkegiatan biasanya Samah (60) mesti menimba air terlebih dahulu. Belum lagi bila di musim kemarau, ia harus menghadapi kekeringan.

Sumur Wakaf untuk Samah rampung dibangun pada bulan April lalu. (ACTNews)

ACTNews, TANGERANG SELATAN – Kondisi MCK di rumah Samah (60) kini jauh lebih baik berkat program Sumur Wakaf Keluarga. Kamar mandinya kini berlantai dan dilengkapi juga dengan keran air. Warga Kampung Kranggan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan ini, jadi tak kerepotan lagi ketika ingin melakukan kegiatan seperti mandi maupun mencuci.

“Sebelumnya memang Ibu Samah sudah memiliki MCK, tetapi yang jadi perhatian kita memang kondisinya belum dapat dikatakan layak saat itu. Ia pun masih harus menimba air dari sumur untuk melakukan kegiatannya,” ujar Rodi Maryanto dari Tim Global Wakaf-ACT Tangerang pada Jumat (2/7/2021) ini.


Belum lagi jika musim kemarau, debit air di rumah Samah pun mengecil. “Jika sudah seperti itu, Ibu Samah biasanya menunggu bantuan dari pemerintah. Baik melalui distribusi air bersih maupun subsidi air,” kata Rodi.

Terbesit keinginan Samah untuk memiliki MCK yang lebih layak, seperti tetangga yang lain. Tetapi ibu tunggal ini lebih memprioritaskan kebutuhan dasarnya. Setiap hari Samah menjual kue basah keliling untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Tetapi kini, harapan Samah sudah terwujud berkat amanah dermawan dalam program Sumur Wakaf Keluarga yang diimplementasikan bulan April lalu. “Saya banyak terima kasih sama donatur dan Tim Global Wakaf-ACT. Bapak-bapak yang sudah ngasih saya Sumur Wakaf Keluarga, semoga dipanjangkan umur, dilancarkan usaha, dan ditambahkan rezekinya. Semoga sumurnya bisa awet, saya akan saya jaga dan saya rawat dengan baik,” ucap Samah. []