Mempererat Ukhuwah Relawan lewat Volunteer Camp

ACT dan MRI Priangan Timur menggelar Volunteer Camp Batch 1 di Perkemahan Yusro, Cisayong Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu (5/9) dan Ahad (6/9) lalu. Selain untuk mempererat tali silaturahmi antar relawan yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten, kegiatan Volunteer Camp juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran peserta terhadap isu kemanusiaan di Priangan Timur khususnya, dengan program- program yang inspiratif.

Mempererat Ukhuwah Relawan lewat Volunteer Camp' photo
Foto bersama antara peserta, panitia dan pemateri kegiatan Volunteer Camp 2020. (ACTNews/Rimayanti)

ACTNews, TASIKMALAYA –  Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Priangan Timur menggelar Volunteer Camp Batch 1. Kegiatan di Perkemahan Yusro, Cisayong Kabupaten Tasikmalaya ini terselenggarakan selama dua hari, yakni Sabtu (5/9) dan Ahad (6/9) lalu.

M. Fauzi Ridwan selaku Koodinator Lapangan mengatakan, diadakannya kegiatan Volunteer Camp ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar relawan yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten. Selain itu Volunteer Camp diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran peserta terhadap isu kemanusiaan di Priangan Timur, khususnya dengan program- program yang inspiratif.

Volunteer Camp ini juga sebagai momen di mana semua relawan baik yang baru ataupun yang sudah lama bisa saling mengenal mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah. Selain itu juga kan Priangan Timur yang terdiri dari 6 kota dan kabupaten ini menjadi tempat berasal hadirnya teman-teman relawan dari berbagai kota dan kabupaten,” ungkap Fauzi.


Penyematan kepada peserta volunteer camp oleh Kepala Cabang ACT Tasikmalaya. (ACTNews/Rimayanti)

Dalam kegiatan ini juga relawan diberikan pembekalan keilmuan tentang kerelawanan, dan diberikan ruang seluas-luasnya dengan harapan membersamai umat melalui beragam program kemanusiaan. “Peserta yang ikut ada dari Kabupaten serta Kota Tasikmalaya dan Ciamis misalnya, tentu harapannya dengan hadirnya relawan di daerah-daerah tersebut bisa membersamai umat dengan program kemanusiaan yang inspiratif, solutif dan kreatif. Karena setiap daerah memiliki permasalahan kemanusiaan yang berbeda,” jelas Fauzi.

Ismi Nurpalah, Salah satu Peserta, mengaku senang dan merasa bersyukur dapat berpartisipasi di Volunteer Camp. “Rasanya alhamdulillah luar bisa, bersyukur sekaligus bangga kepada rekan-rekan sesama peserta. Ternyata masih banyak orang baik di sekitar kita. Banyak juga ilmu yang didapat, yang tidak ada dalam pelajaran di sekolah. Ilmu tentang memanusiakan manusia, tentang bagaimana kita menghadapi orang lain dalam keadaan sulit, juga tentang perjuangan. Harapannya, semoga ilmu yang kita dapat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tetap jaga kekompakan, dan selalu perbuat kebaikan,” ungkap Ismi dengan penuh semangat.


Volunteer Camp Batch 1
ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Tasikmalaya dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan dan akan dilakukan Batch 2 yang akan digelar untuk relawan yang ada di Garut, Kota Banjar dan Pangandaran. Sehingga para relawan yang telah mengikuti kegiatan ini nantinya dapat menyalurkan amanah dermawan dengan lebih maksimal.

“Seperti melalui Lumbung Sedekah Pangan yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Para dermawan dapat menyalurkannya melalui melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap BNI Syariah di nomor 88 0000 9277. Nantinya teman-teman relawan akan menjadi garda terdepan dalam membersamai masyarakat di program ini,” tutur Fauzi. []

Bagikan