Mempermudah Akses Air Ratusan Siswa Penyintas Bencana di Kampung Cipendawa

Sumber air sebenarnya cukup banyak di kompleks hunian sementara Kampung Cipendawa, Kabupaten Bogor. Tetapi jarak yang cukup jauh menyulitkan mereka, salah satunya para siswa di MI Al-Hidayah.

sumur wakaf sekolah
Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf untuk kebutuhan sekolah penyintas anak-anak di MI Al-Hidayah. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Pascabanjir dan longsor yang menerjang Kampung Cipendawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, beberapa warga masih bertahan sampai sekarang. Mereka bersama pihak-pihak lain, melengkapi kompleks hunian sementara dengan berbagai fasilitas, salah satunya sekolah.

MI Al-Hidayah salah satunya. Sekolah ini dibangun pada tahun 2020 lalu, atas kerja sama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Wardah. Sekitar 200 siswa yang tadinya belajar di bawah tenda pengungsian, kini dapat menikmati kembali kelas mereka.

Selama sekolah berjalan, banyak fasilitas yang terus diikhtiarkan hadir di MI Al-Hidayah. Salah satunya yakni MCK. Selama ini saat sekolah para siswa menggunakan MCK umum, maupun MCK sederhana di rumah masing-masing.


“Pernah ada seorang siswa yang izin untuk ke toilet saat jam pelajaran, tetapi habis itu siswa tersebut tidak kembali ke sekolah. Karena jarak toilet (rumahnya) dengan sekolah cukup jauh,” cerita Maman Suparman sebagai Kepala Sekolah MI Al-Hidayah. Saat piket membersihkan kelas, siswa juga secara bergantian membawa air dengan ember dari MCK umum yang berjarak kurang lebih 300 meter dari sekolah mereka.

Untuk melengkapi fasilitas di MI Al-Hidayah, Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf untuk kebutuhan sekolah penyintas anak-anak di MI Al-Hidayah. Hanya perlu waktu sekitar satu bulan hingga akhirnya MI Al-Hidayah dapat menggunakan fasilitas dari Sumur Wakaf yang rampung pada awal Agustus itu.

Maman pun menyambut positif bantuan yang diberikan Global Wakaf-ACT dan para dermawan ini. “Terima kasih Global Wakaf-ACT yang sudah membersamai masyarakat Cipendawa dari awal terjadi longsor sampai saat ini. Alhamdulillah juga sudah diresmikan Sumur Wakaf dan MCK untuk sekolah kami. Insyaallah sangat bermanfaat untuk siswa dan guru di sini,” ucapnya. []