Memuliakan Ilham di Bulan Muharram

Empat tahun lamanya Muhammad Ilham menderita tumor jinak di tenggorokannya. Dalam kurun waktu itu pula, yatim berusia 9 tahun ini menjalani pengobatan dengan keterbatasan ekonomi keluarga.

Muhammad Ilham, yatim berusia 9 tahun yang mengalami tumor jinak di tenggorokannya. (ACTNews)

ACTNews, DEMAK - Namanya Muhammad Ilham (9), yatim sejak ayahnya meninggal dunia dalam kecelakaan kerja pada 2015. Sejak saat itu, Ilham hidup hidup bersama nenek, ibunda, dan dua saudaranya dalam kondisi terbatas. Hal ini mengingat, Layin, ibunda Ilham, tak memiliki pekerjaan saat ditinggal suaminya. 

Ujian kehidupan Ilham tak sampai di situ. Setahun setelahnya, Ilham yang kala itu berusia lima tahun, mengalami sakit tenggorokan serius. Hasil pemeriksaan menyatakan, ada tumor jinak di tenggorokan Ilham akibat bakteri yang masuk melalui makanan.

Ilham pun menjalani serangkaian operasi. Dalam empat tahun terakhir, ia sudah menjalani sebanyak 21 kali operasi di lehernya. Sekarang Ilham harus bernapas dengan bantuan selang yang ditempelkan di tenggorokannya.

Tiap kali menghirup nafas terdengar suara ‘ngiii...’ serak dan nyaring. Kondisi bernafasnya semakin menjadi tatkala anak itu terlampau lelah melakukan aktivitas. Untuk berbicara dengan intonasi jelas, Ilham harus menekan selang yang ada di lehernya.

Sementara itu, untuk pengobatan Ilham, Layin kini mengandalkan hasil penjualan jamu yang ia jajakan. “Keseharian menjual jamu rata-rata mendapatkan lima puluh ribu (rupiah) pehari. Sementara kebutuhan kami selain makan juga berobat bagi Ilham. Minimal sebulan satu juta dua ratus kami keluarkan untuk membawa Ilham ke rumah sakit,” terang Layin, saat ACT Jawa Tengah mnegantarkan paket pangan untuk keluarga Ilham yang tinggal di Desa Wonosalam, Kabupaten Demak, Jumat (21/8).

Hamas Rausyanfikr selaku Kepala Program ACT Jawa Tengah menerangkan, di bulan Muharram ini, ACT Jawa Tengah mengajak para dermawan untuk berbagi kebaikan kepada anak-anak yatim, termasuk Ilham. “Insyaallah melalui program Munajat Sejuta Anak Yatim di bulan Muharram ini, tim ACT akan memberikan santunan bagi Ilham dan anak yatim lainnya. Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan para dermawan,” jelasnya. 

Hamas menambahkan, sebanyak 70 nama anak Yatim di Semarang akan mendapatkan santunan pada bulan Muharram ini. Program Munajat Sejuta Anak Yatim dilakukan bertahap selama bulan Muharram. Bantuan yang diberikan beragam, mulai dari sembako, pakaian, hingga peralatan penunjang pendidikan.

“Yuk! Ikut dalam aksi kebaikan ini, salurkan sedekah terbaikmu melalui laman Indonesia Dermawan,” ajaknya. []