Menanggulangi Dampak Banjir di Sawah Petani Penajam Paser Utara

Banjir yang menerjang Kabupaten Penajam Paser Utara membawa dampak besar pada warga. Petani salah satunya. Sekitar 600 hektare sawah mereka mengalami kerusakan.

banjir penajam paser utara
Bantuan untuk petani dari ACT bersama dermawan. (ACTNews)

ACTNews, PENAJAM PASER UTARA Pertengahan Oktober, banjir menerjang Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara. Bencana ini begitu berdampak pada kehidupan masyarakat, salah satunya petani. Aktivitas di sawah pun terganggu, sebagian tanaman rusak dan berpotensi memundurkan jadwal panen.

Kepala Dinas Pertanian Penajam Paser Utara mengatakan, banjir kali ini lebih besar dan luas dibanding banjir sebelumnya. Jika curah hujan masih tinggi, kemungkinan banjir akan kembali terjadi dan menerjang Desa Sumber Sari.

“Kami akan terus berkoordinasi terkait irigasi primer dan sekunder agar lebih baik lagi,” ungkap Mulyono terkait pencegahan dampak pada pertanian.

Ikhtiar penanggulangan dampak bencana di sektor pertanian juga Aksi Cepat Tanggap (ACT) lakukan. Di bulan November ini, bantuan stimulan menuju perbaikan sawah tersalurkan. Bantuan tersebut diharapkan mampu meringankan beban petani terdampak banjir.

Dalam penyerahan bantuan ini, turut hadiri Kepala Dinas Pertanian Penajam Paser Utara Mulyono, Arif sebagai Pelaksana Tugas Desa Sumber Sari, serta mitra ACT yang telah berkolaborasi untuk aksi kebaikan ini.

Said dari tim Penyuluh Pertanian Lapangan Desa Sumber Sari mengungkapkan terima kasih atas bantuan yang ACT dan dermawan salurkan untuk petani terdampak banjir ini. Banjir kali ini memang sangat luas dan berdampak besar pada warga dan pertanian. “Semoga bantuan ini bisa meringankan beban mereka yang terkena bencana,” ungkap Said.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kalimantan Timur Imron Fitri Tantowi mengatakan, bersama dermawan, kebaikan tersalurkan untuk petani terdampak banjir di Penajam Paser Utara. Selain itu, saat ini pun ACT tengah berikhtiar menghadirkan kebaikan serupa untuk warga yang juga dilanda banjir di berbagai titik di Kalimantan.

“Mohon doa dan dukungannya untuk ikhtiar terbaik kita bersama lewat kedermawanan. InsyaAllah apa yang kita berikan mampu meringankan beban saudara kita,” ungkapnya.[]