Mendampingi Cahaya hingga Sembuh

Kesehatan Cahaya berkembang pesat. Kini beratnya nyaris rata-rata bayi seusianya. Walau begitu pendampingan terus dilakukan tim MSR-ACT untuk memastikan kesembuhan total.

Mendampingi Cahaya hingga Sembuh' photo

ACTNews, DHARMASRAYA – Berat badan Cahaya kini menginjak 7,3 kilogram di usianya yang ketiga tahun. Berat ini belum ideal dibandingkan berat badan anak sebayanya yang berada di angka 10,8 hingga 18,1 kilogram. Namun, berat badan Cahaya sekarang merupakan kenaikan yang pesat dari sebelumnya yang hanya 4 kilogram.

Cahaya merupakan anak dengan gizi buruk. Ia tinggal di rumah tak layak huni di Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasyara, Sumatra Barat. Ia diasuh oleh Siti, ibunya. Sedangkan sang ayah meninggalkan keluarganya beberapa bulan lalu.

Pendampingan yang intensif dari tim Mobile Social Rescue (MSR)-ACT) sejak Januari lalu membawa perkembangan pesat pada kondisi kesehatan Cahaya. Aan Saputra dari tim MSR-ACT Sumbar, mengatakan pendampingan secara medis dengan pemeriksaan rutin ke rumah sakit dilakukan. “Pemberian asupan gizi juga membantu proses perkembangan Cahaya,” ungkapnya, Rabu (3/7).


Pada Selasa (2/7), MSR-ACT kembali melakukan pendampingan kepada Cahaya. Dalam pendampingan itu, tim juga menyerahkan hasil penggalangan donasi yang dilakukan secara daring di Kitabisa dengan total lebih dari Rp 100 juta. Nantinya donasi ini akan digunakan untuk pengobatan Cahaya serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Saat ini masih dalam tahap pembahasan untuk pemberdayaan ekonomi. Keadaan ekonomi yang masih prasejahtera menjadi salah satu faktor terbesar mempengaruhi keadaan gizi Cahaya,” tambah Aan.

Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan pangan, Cahaya dan ibunya mengandalkan pemberian orang lain. Kebun yang ditanami 35 pohon karet tak menjadi tumpuan perekonomian. Sedangkan kini, Siti, ibu Cahaya, baru saja melahirkan adik Cayaha.

“Ayah Cahaya meninggalkan keluarganya saat Bu Siti mengandung usia satu pekan,” jelas Aan.

Kini, kontrol rutin masih terus dilakukan Cahaya di bawah pendampingan MSR-ACT. Biaya pengobatannya ditanggung oleh jaminan kesehatan pemerintah. Namun, untuk biaya transportasi  dari kediaman Cahaya menuju rumah sakit yang cukup jauh, tak ditanggung.[]

Bagikan