Mendorong Produktivitas UMKM di Depok dengan Bantuan Gerobak Wakaf

Bantuan Gerobak Wakaf menyasar pelaku usaha kuliner binaan Kelurahan Mekar Jaya, Depok, yang notabene cukup terdampak semasa pandemi ini.

gerobak wakaf
Serah terima Gerobak Wakaf kepada salah satu pelaku UMKM di Kelurahan mekar Jaya. (ACTNews/Rifqi Zulhilmi)

ACTNews, DEPOK – Global Wakaf - ACT mendistribusikan bantuan 10 Gerobak Wakaf melalui program Wakaf Usaha Produktif di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukma Jaya, Kota Depok. Bantuan untuk mendukung para pelaku UMKM ini diberikan pada Jumat (5/3/2021).

Ati selaku pendamping UMKM di Kelurahan Mekar Jaya mengatakan bahwa saat ini para pelaku UMKM masih mencoba bangkit kembali setelah terdampak di tahun 2020 lalu. “Selama masa pandemi ini teman-teman ada yang jatuh bangun. Awal di bulan Maret itu teman-teman ada yang mengalami down sebentar, tapi tiba-tiba ada yang meningkat penjualannya karena menjual secara online. Mereka juga saling mempromosikan produknya teman-temannya secara bergantian,” ujar Ati.

Usaha yang dijalani mayoritas UMKM binaan Kelurahan Mekar Jaya merupakan usaha kuliner yang notabene cukup terdampak semasa pandemi ini. Demikian kata Darmawan selaku Perwakilan Kelurahan Mekar Jaya.  “Dengan adanya pandemi ini sangat berpengaruh sekali, dan sebisa mungkin kita harapkan, pelaku usaha yang masuk dalam UMKM kita, kita sarankan untuk tetap eksis. Bagaimanapun caranya, apakah mengurangi produksi, atau memang membatasi kerja sama dengan kita (kelurahan),” ujarnya.


Oleh karenanya, adanya Gerobak Wakaf tersebut bisa mendorong usaha para penerima manfaat yang kini berjalan. Melalui program Wakaf Usaha Produktif, diharapkan semangat dari penerima manfaat tidak hanya bertumbuh, tetapi juga menular kepada yang lainnya.

“Program ini menyasar penerima manfaat yang memang punya aset usaha produktif. Harapannya dengan kita memberikan bantuan Wakaf Usaha Produktif, penerima manfaat semakin bertumbuh usahanya dan akhirnya bisa menjadi semacam ibu asuh bagi usaha yang lain,” kata Fanny

Global Wakaf – ACT menargetkan ada 1.000 penerima manfaat ke depannya. Aksi ini diharapkan mampu membangun ekonomi bangsa baik dari pihak pedagang, perajin gerobak dan produsen barang dagangan dalam negeri.

“Kita tahu dampak pandemi di sektor perekonomian yang sangat luas, dan tentunya kita ingin menyalurkan ke banyak lokasi. Sementara ini kita baru melaksanakan di Jabodetabek, insyaallah mulai pekan atau bulan depan kita sudah menyalurkan ke selain Jabodetabek,” pungkas Fanny. []