Mendukung Ikhtiar Rifian, Guru Honorer di Sidenreng Rappang

Program Sahabat Guru Indonesia terus membersamai para guru honorer di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Simbolis penyerahan bantuan program Sahabat Guru Indonesia kepada Rifian guru di Kabupaten Sidenreng Rappang. (ACTNews)

ACTNews, SIDENRENG RAPPANG – Rifian Efendi (35), seorang guru honorer di SD Negeri 4 Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan telah mengabdi selama 14 tahun. Di satu sisi, guru Rifian adalah seorang buruh percetakan. Pekerjaan tersebut ia lakoni untuk menambah penghasilan.

Bukan rahasia, gaji menjadi guru honorer memang jauh dari cukup. Sebagai guru honorer, Rifai pun menerima gaji sebesar Rp250 ribu bulan. Penghasilan itu ia gunakan sebagai biaya hidup bersama adiknya. Mereka tinggal di rumah berdinding kain spanduk dan anyaman bambu. Orang tua mereka telah meninggal dunia.

“Saya terus berikhtiar dengan mencari pekerjaan tambahan. Namun, akibat pandemi ini percetakan juga tersendat,” cerita Rifai kepada tim Global Zakat - ACT Sulawesi Selatan, Rabu (6/10).

Hari itu, Global Zakat - ACT Sulsel menyampaikan amanah dari muzaki melalui program Sahabat Guru Indonesia (SGI) dari Global Zakat – ACT Sulawesi Selatan. Amanah itu hadir dalam bentuk beaguru. 

Suharni dari Tim Program Global Zakat - ACT Sulawesi Selatan mengatakan, Rifian menjadi salah satu penerima manfaat yang masuk dalam perhatian Global Zakat - ACT Sulsel. Lebih lanjut, Global Zakat - ACT Sulsel terus mendampingi guru prasejahtera di Sulawesi Selatan.

“Beaguru merupakan apresiasi kami kepada para guru honorer yang berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa. Semoga dapat menjadi penyemangat para guru honorer berdedikasi untuk bangsa,” kata Suahrni.

Melalui Program SGI, Global Zakat-ACT hadir untuk ribuan guru prasejahtera di seluruh Indonesia. Global Zakat - ACT Sulawesi Selatan mengajak sahabat dermawan untuk menyejahterakan para guru dengan menunaikan zakatnya melalui rekening BNI Syariah atas nama Yayasan Global Zakat ke nomor 999 000 627.[]