Mendukung Inisiatif Gusniati Jajakan Gorengan Demi Nafkah Keluarga

Inisiatif berjualan gorengan ia lakukan semenjak tiga tahun lalu untuk membantu pendapatan suaminya yang bekerja sebagai penjaga toilet di Pantai Purus Kota Padang. Penghasilan suami Gus tak menjanjikan.

bantuan modal padang
Ilustrasi. Salah satu penerima manfaat Wakaf UMKM di Kota Padang. (ACTNews)

ACTNews, PADANG – Gusniati (50) memang berhati besar dan tak tahan melihat orang lain kesusahan. Ia aktif di berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Bahkan ketika menerima bantuan dari Wakaf UMKM dari Global Wakaf-ACT, ia turut memikirkan nasib sesama pedagang lain.

“Saat ini saya diberikan bantuan modal usaha, tetapi ke depannya saya juga berharap bisa membantu yang lain dengan hasil usaha saya,” ujar perempuan yang akrab disapa Gus ini ditemui di rumahnya di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, pada Jumat (18/6/2021) kemarin.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, Gus berjualan berbagai jenis gorengan. Gorengan buatannya biasa dipesan untuk acara-acara besar seperti arisan maupun kenduri. Selain itu, ia menitipkan dagangan kepada warung-warung sarapan. “Alhamdulillah lancar, dagangan selama ini sering laris,” tambah Gus.


Inisiatif ini ia lakukan semenjak tiga tahun lalu untuk membantu pendapatan suaminya yang bekerja sebagai penjaga toilet di Pantai Purus Kota Padang. Penghasilan suami Gus tak menjanjikan.

“Kalau orang libur baru banyak yang pakai WC tempat bapak bekerja. Kalau enggak libur sepi yang memakai WC-nya,” jelas Gus. Gus berencana ingin menemani suaminya berdagang di Pantai Purus, namun terkendala modal sehingga sampai sekarang baru dapat menerima pesanan.

Muhammad Roosli Silalahi dari Tim Global Wakaf-ACT Padang menjelaskan, bantuan modal usaha diharapkan dapat membantu Gus segera membuka tempat berjualan yang baru di Pantai Purus. “Semoga dengan pembukaan warung baru dapat menambah pemasukan keluarga ibu Gus,” kata Roosli.

Selain Gus, pada hari itu Wakaf UMKM juga memberikan bantuan modal untuk 15 orang pelaku usaha lain. Roosli berharap, kehadiran bantuan modal usaha dari Global Wakaf-ACT dapat terus meluas di Padang sehingga dapat menjangkau lebih banyak UMKM yang membutuhkan.[]