Mendukung Jalan Ibadah Lembaga Hidayatut Thullab Lewat Mushaf Wakaf

Puluhan santri di Lembaga Pendidikan Islam Hidayatut Thullab, mendapatkan Al-Qur'an wakaf dari para dermawan di Global Wakaf-ACT. Mushaf menjadi penting mengingat program utama lembaga ini yakni ialah program tahfiz.

wakaf al-qur'an pontianak
Santri tidak dikenakan biaya di Hidayatut Thullab jika ada dalam kondisi ekonomi prasejahtera. (ACNews)

ACTNews, PONTIANAK – Puluhan santri dari Lembaga Pendidikan Islam Hidayatut Thullab di Kelurahan Bangka Belitung Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menerima mushaf Al-Qur’an wakaf dari para dermawan di Global Wakaf-ACT. Pendistribusian mushaf tersebut dilakukan pada Rabu (17/11/2021) lalu.

Lembaga yang didirikan oleh Ustaz Abdul Sallam pada tahun 2009 ini, memang memiliki program unggulan tahfiz Al-Qur’an, sehingga keberadaan mushaf merupakan hal penting. Di samping itu, anak-anak juga mendapat pengajian kitab kuning. Saat ini ada 53 santri yang mengikuti kedua program ini di Hidayatut Thullab.

“Santri di sini bayarnya per bulan sebesar Rp25 ribu untuk keperluan lembaga seperti untuk membeli spidol atau penghapus, dan sarana-prasarana lain untuk penunjung proses belajar mengajar. Namun apabila santri yang dari latar belakang ekonomi tidak mampu, tidak kami wajibkan iuran (gratis),” cerita Mohammad Muslim sebagai salah satu pengajar di Hidayatut Thullab.


Muslim juga menuturkan bahwa para pengajar bekerja secara sukarela alias tidak mengharapkan bayaran. Kebanyakan dari mereka merupakan alumni-alumni lembaga tersebut. “Karena alumni punya rasa memiliki di lembaga ini, dan ada keterikatan secara emosional,” terangnya.

Berdasarkan sistem yang mereka terapkan saat ini, Muslim berharap masyarakat dapat terus mendukung perjuangan Hidayatut Thullab, yang bagi dia merupakan jalan ibadah. Seperti saat para dermawan mendukung mereka lewat Wakaf Al-Quran. “Insyaallah kalau masyarakat di sini terus mendukung perjuangan ini, insyaallah lembaga ini akan terus ada,” harap Muslim. []