Mendukung Kebutuhan Pangan Gaza Kala Lockdown

Mitra Aksi Cepat Tanggap di Gaza membagikan makanan bergizi Humanity Food Truck, Selasa (29/8). Pangan menjadi salah satu dukungan untuk masyarakat Gaza yang menjalani karantina wilayah karena peningkatan kasus Covid-19.

Mendukung Kebutuhan Pangan Gaza Kala Lockdown' photo
Mitra ACT berpakaian hazmat mengantarkan makanan bergizi Humanity Food Truck dari rumah ke rumah. (ACTNews)

ACTNews, GAZA Humanity Food Truck Aksi Cepat Tanggap menyokong kebutuhan pangan masyarakat Gaza selama karantina wilayah (lockdown). Pekan ini, armada kemanusiaan tersebut beraksi di wilayah barat dan utara Gaza.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response - Aksi Cepat Tanggap melaporkan, Humanity Food Truck menyediakan lebih dari 300 porsi untuk keluarga prasejahtera dan yatim di Mashrou Amer, Gaza Barat dan Ibad Al Rahmad, Gaza Utara. “Kondisi pandemi dan karantina semakin membuat masyarakat prasejahtera kesulitan memenuhi pangan. Padahal, pangan merupakan kebutuhan dasar,” kata Said.

Setiap keluarga menerima 4-5 porsi untuk masing-masing anggota keluarga. Hidangan Humanity Food Truck tersaji dengan menu bergizi. Koki yang menghidangkan pun menggunakan perlengkapan masak lengkap. Saat distribusi, tim dan relawan membagikan makanan menggunakan pakaian pelindung diri (APD).

“Di kala kasus meningkat, relawan dan mitra tetap harus melakukan kerja kemanusiaan. Risiko memang, sebab itu mereka melakukan pencegahan dengan menggunakan pakaian hazmat,” jelas Said.

Beberapa organisasi kemanusiaan khawatir Covid-19 dapat menghancurkan Gaza dengan penduduknya yang padat. Menurut Program Pangan Dunia (WFP), bahkan sebelum pandemi menyebar di Gaza, lebih dari dua pertiga warga Gaza berada dalam kategori rawan pangan akibat blokade dari Israel.

“Dukung masyarakat Gaza dan Yerusalem dalam bertahan di tengah pandemi. Kita bisa memberikan dukungan terbaik melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui BNI Syariah dengan nomor rekening 6600003314 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” pungkas Said.[]


Bagikan