Mendukung Kebutuhan Pangan Masyarakat Lewat Program Operasi Pangan Murah Di Jakarta

Aksi Operasi Pangan Murah kembali hadir di Jakarta, tepatnya di Masjid Al-Insan Patal, Senayan, Jakarta Selatan pada Kamis (21/10/2021). Aksi ini diharapkan dapat mendukung dan memberikan kekuatan kepada masyarakat membutuhkan di tengah keadaan sulit seperti sekarang.

operasi pangan murah jakarta
Program ini diharapkan dapat menjadi kekuatan bersama bagi masyarakat. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA - Kemiskinan masih menjadi masalah yang cukup serius bagi masyarakat Indonesia, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 angka penduduk miskin di Indonesia menembus angka 27,54 jiwa. Tingginya angka kemiskinan ini menjadi masalah besar bagi masyarakat Indonesia. Adanya pandemi juga menjadi masalah baru dimana angka kemiskinan masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Untuk Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu lembaga kemanusiaan meluncurkan sebuah program terbaru yaitu Operasi Pangan Murah. Program ini dihadirkan sebagai bentuk dukungan untuk membantu masyarakat prasejahtera yang memang membutuhkan bantuan pangan.

Implementasi program Operasi Pangan Murah ini, kembali dilaksanakan di Masjid Al-Insan Patal, Senayan, Jakarta Selatan pada Kamis (21/10/2021). Acara ini dihadiri oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Kecamatan Kebayoran Jakarta Selatan, perwakilan IKADI, dan juga dari pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Insan.


Pangan yang dijual dalam Operasi Pangan Murah, hanya setengah dari harga normal. (ACTNews)

“Operasi Pangan Murah ini menyediakan beragam bantuan pangan dengan harga yang dikenakan hanya 50% dari harga pangan aslinya sehingga akan menjangkau untuk berbagai kalangan. Paket pangan yang kami sediakan lengkap terdiri dari beras 10 kilogram, minyak, sarden, kecap, dan garam,” ujar Lukman dari Penanggung Jawab Program ACT Regional Jakarta.

Di tengah helatan, K.H. Hadi sebagai Sekertaris Umum MUI Jakarta Selatan berpesan masyarakat harus saling membantu di tengah pandemi seperti ini, seperti yang dilakukan ACT. Sebab dengan saling membantu, akan menjadi kekuatan bagi masyarakat bersama.


“Mudah-mudahan pekerjaan yang di lakukan oleh teman-teman ACT ini, selalu diberkahi oleh Allah SWT. Mudah-mudahan juga ini menjadi program yang baik dapat membantu masyarakat yang memang membutuhkan,” ungkap K.H Hadi sebagai Sekum MUI Jakarta Selatan.

Ari Kuncoro dari pihak DKM Masjid Al- Insan Patal Senayan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para donatur dan juga Tim ACT.  “Bantuan pangan ini memang sangat di perlukan. (Karena) kita ingin masjid ini bukan hanya sekedar tempat beribadah tapi juga menjadi tempat yang bermanfaat untuk masyarakat, seperti dengan adanya program dari Tim ACT ini yaitu Operasi Pangan Murah,” ungkap Ari. []