Mendukung Pemenuhan Air di Nagari Malampah Pascagempa

ACT bersama BI Kanwil Sumbar mendistribusikan 10 tandon air untuk warga di Nagari Malampah, Pasaman, yang baru saja dilanda gempa bumi serta longsor besar.

act padang
Tandon air saat dibawa ke masing-masing dusun di Malampah. (ACTNews)

ACTNews,  PASAMAN Kebutuhan air di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, mendesak dipenuhi. Pascabanjir bandang yang terjadi setelah gempa bumi besar, sumber air yang biasa dimanfaatkan warga mengalami kerusakan. Air sungai pun tak bisa lagi diandalkan karena badan sungai dipenuhi oleh material longsoran.

Emi, salah satu warga yang turut merasakan sulitnya mendapatkan air bersih pascabencana. Ia sampai-sampai harus menempuh perjalanan sejauh satu kilometer demi mengambil air bersih dari sumber lain.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Bank Indonesia Kanwil Sumatra Barat pun turut berupaya menghadirkan solusi bagi permasalahan air di Malampah. Sabtu (19/3/2022), sebanyak 10 tandon air diserahkan ke warga. Penampungan air tersebut disebar ke 10 dusun yang ada di Malampah.

“Ada 10 tangki air yang ACT bersama BI Kanwin Sumbar serahkan untuk warga di Malampah. Satu unit nantinya bisa menyuplai air bersih bagi 15-20 keluarga,” jelas Kepala Cabang ACT Sumbar Aan Saputra.

Ada pun beberapa titik penyebaran tangki air tersebut berada di Siparayo, Musala Kampung Padang, Musala Baitul Amal Kampung Melayu, Musala Nurul Haq, Kampung Pisang, Musala Nurul Iman, Kampung Tokeang, dan Kampung Rawang.

“Tangki air ini disambut baik oleh warga. Semoga dapat memberikan manfaat terbaik,” tambah Aan.[]