Mendukung Sarana Air Bersih di Puncak Toliamba, Wakatobi

Masjid Az-Zaitun di Puncak Toliamba, Wakatobi, menjadi salah satu tempat peribadatan yang sering dimanfaatkan santri, masyarakat sekitar, hingga musafir. Karenanya air bersih menjadi salah satu unsur penting bagi masjid ini.

sumur gratis
Sejumlah warga memanfaatkan fasilitas Sumur Wakaf yang baru saja rampung di Masjis Az-Zaitun. (ACTNews)

ACTNews, WAKATOBI – Masjid Az-Zaitun berdiri di daerah Puncak Toliamba. Tepatnya di Dusun Pada Ue, Desa Pada Raya Makmur, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi. Masjid ini menjadi salah satu sentral dari aktivitas peribadatan masyarakat Dusun Pada Ue.

“Di bawah Yayasan Arus Hijrah Wakatobi, terdapat sejumlah aktivitas pendidikan keagamaan di Masjid Az-Zaitun. Lalu acara-acara besar seperti dakwah, pengajian rutin, dan ibadah hari raya misalnya, dilakukan juga di sini,” ujar Moch Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf-ACT.

Di samping untuk peribadatan, Masjid Az-Zaitun juga menjadi tempat persinggahan bagi para musafir, sebab lokasinya yang berada di sekitar tempat wisata dan fasilitas umum lain. “Kadang dijadikan juga tempat singgah bagi keluarga pasien Puskesmas Pariwisata Wangi-Wangi yang berada di samping masjid,” tambah Nurul.


Selain santri dan para musafir, beberapa masyarakat sekitar juga dapat memanfaatkan fasilitas masjid seperti air salah satunya. Air banyak digunakan untuk kebutuhan petani, peternak, atau sekadar konsumsi masyarakat sekitar.

Sehingga Masjid Az-Zaitun dapat dikatakan cukup bermanfaat bagi warga sekitar. Karena itu Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf untuk mendukung kemaslahatan masyarakat di sekitar masjid, yang telah rampung pada pertengahan April lalu.

“Biaya penyediaan air bersih masjid rata-rata per bulan terbilang cukup besar karena menggunakan PDAM. Dengan Sumur Wakaf yang dibangun sedalam 50 meter, masjid tidak harus menggunakan PDAM sehingga dapat menghemat pengeluaran,” kata Nurul.

Nurul pun berharap, kebermanfaatan Sumur Wakaf ini dapat meluas di lokasi-lokasi lainnya di Indonesia. “Terutama bagi mereka yang benar-benar membutuhkan air. Kami berharap dengan bantuan para dermawan, akan terus dibangun sumur-sumur lainnya,” harap Nurul. []