Mendukung Yaman dengan Bantuan Pangan dan Layanan Kesehatan

Yaman, negara terempas perang terus membutuhkan dukungan kemanusiaan.

Mendukung Yaman dengan Bantuan Pangan dan Layanan Kesehatan' photo
Mitra Aksi Cepat Tanggap di Yaman mengantarkan bantuan bahan makanan untuk pengungsi di Wilayah Taiz. (ACTNews)

ACTNews, TAIZ, SANAA - Bahan makanan menjadi bantuan yang terus diupayakan Aksi Cepat Tanggap untuk membantu penduduk Yaman. Perekonomian di negara seluas lebih dari 500.000 kilometer persegi itu kolaps. Rakyatnya pun harus menanggung derita kelaparan, selain luka perang saudara.

Akhir Sepetember lalu, ACT membagikan bahan makanan kepada 62 rumah tangga di Kota Taiz, barat daya Yaman. Paket itu terdiri dari tepung terigu, beras, gula, dan minyak goreng. Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response - ACT melaporkan, bantuan bahan makanan adalah hal yang paling dibutuhkan keluarga di Yaman.

“Sebagian besar keluarga di Yaman tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup karena kondisi ekonomi. Kekurangan pangan menyebabkan penyebaran penyakit dan gizi buruk pada anak-anak. Bahkan, ibu hamil dan ibu menyusui juga sulit memenuhi gizi bagi diri sendiri dan anak anak mereka,” kata Said.

Selain pangan, bantuan berkala yang diberikan ACT adalah pelayanan kesehatan. Di klinik yang sudah bekerja sama dengan ACT, anak-anak mendapatkan vitamin dan makanan tambahan. Seperti di Ablas, Sanaa, layanan kesehatan yang dilakukan tengah Agustus lalu dinikmati 2.295 jiwa.

“Standardisasi kehidupan masyarakat Yaman yang hari demi hari semakin buruk. Lebih dari 2.000 jiwa tiap bulan nya mendatangi klinik ACT demi mendapatkan bantuan kesehatan gratis. Klinik juga memberikan vitamin kepada anak anak dan obat obatan kepada mereka yang membutuhkan,” terang Said. Sahabat Dermawan pun dapat mengirimkan bantuan terbaik untuk Yaman melalui laman Indonesia Dermawan atau  melalui rekening BNI Syariah dengan nomor 66 0000 9009 atas nama Aksi Cepat Tanggap.[]