Menebar Manfaat Program Sahabat Guru Indonesia di Jakarta Timur

Global Zakat - ACT memberikan bantuan kepada sejumlah guru di SMK Berlian dan SMK Respati Jakarta Timur pada Senin (26/10) lalu. Bantuan ini merupakan apresiasi atas para guru yang terus berjuang menyesuaikan pembelajaran dan honor yang terpotong pada masa pandemi.

Menebar Manfaat Program Sahabat Guru Indonesia di Jakarta Timur' photo
Serah terima bantuan dari Global Zakat - ACT Jakarta Timur kepada perwakilan guru. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Pandemi berarti tantangan baru bagi para guru di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kesulitan dari adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus mereka hadapi sekarang ini. Oleh karenanya, para guru kini dibebani juga dengan pekerjaan rumah yang mengharuskan mereka menyesuaikan kembali strategi belajar dan mengajar.

Untuk mengapresiasi semangat para guru yang yang terus konsisten menyediakan pendidikan di tengah masa sulit ini, Global Zakat – ACT juga terus memberikan bantuan biaya hidup kepada para guru melalui program Sahabat Guru Indonesia. Di SMK Berlian dan SMK Respati Jakarta Timur, sebanyak 9 guru menerima bantuan dari Global Zakat – ACT pada Senin (26/10) lalu.

“Banyak cerita yang kita dapatkan dari para guru yang terus berjuang untuk pendidikan di Indonesia di masa sekarang ini. Dari gaji yang tak terbayarkan hingga kesulitan beradaptasi dengan sistem yang asing bagi mereka,” ungkap Wurryanto dari Tim Program Global Zakat - ACT Jakarta Timur saat acara pemberian bantuan.


Tidak hanya harus beradaptasi, sistem PJJ juga berpengaruh pada hasil atau pendapatan yang mereka terima. Kondisi ini dirasakan Anung, salah satu pengajar pada saat ini. “Gaji yang beliau dapatkan tidak lebih dari 70% pendapatannya, sementara total pendapatannya sendiri masih berada di bawah angka Rp1 juta. Hadirnya amanah para dermawan ini, tentu merupakan manfaat yang luar biasa yang bisa dirasakan langsung oleh para tenaga pendidik kita,” sambung Wurryanto.

Sebab itu Wurryanto juga turut mengajak para dermawan untuk terus membersamai para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Supaya di tengah kesulitan yang mereka alami, mereka terus memiliki semangat untuk mencerdaskan kehidupan para penerus bangsa.

“Kita berharap semakin banyak lagi para guru yang dapat dijangkau melalui Sahabat Guru Indonesia, sehingga dapat mendorong semangat para tenaga pendidik yang berjuang dalam masa pandemi ini. Karenanya dukungan para dermawan sangat penting, dan dukungan ini dapat disalurkan melalui BNI Syariah di nomor 99 000 36 26 atas nama Yayasan Global Zakat, atau melalui laman Indonesia Dermawan,” ajak Wurryanto. []