Menengok Produksi Air Minum Wakaf

Air Minum Wakaf produksi dari Lumbung Air Wakaf saat ini terus diproduksi dan didistribusikan ke berbagai wilayah prasejahtera.

Menengok Produksi Air Minum Wakaf' photo
Santri Al Hamdaniyah Sidoarjo meminum produk Air Minum Wakaf, Kamis (19/12). Pesantren ini menjadi pesantren pertama di wilayah Sidoarjo yang mendapatkan bantuan Air Minum Wakaf. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, PASURUAN Kesibukan pekerja di pabrik pengemasan Air Minum Wakaf terlihat saat tim ACTNews datang, Senin (16/12) lalu. Mesin bekerja dengan cepat, per menitnya puluhan air minum dalam kemasan gelas dan botol dapat tersedia. Tangan-tangan cekatan segera mengamas air mineral ke dalam karton yang nantinya bakal segera disimpan untuk sementara di gudang.

Pabrik itu merupakan wujud Lumbung Air Wakaf binaan Global Wakaf-ACT, yang memproduksi Air Minum Wakaf. Sumber air berasal ada di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Fahmi, Manager Produksi dari CV Jenggolo Tirta yang dijadikan Lumbung Air Wakaf, mengatakan Air Minum Wakaf mulai diproduksi sejak pekan kedua Desember 2019. Tiap harinya ratusan kemasan Air Minum Wakaf terkemas dan siap didistribusikan ke berbagai wilayah.

“Lumbung Air Wakaf ini tiap harinya bisa memproduksi ratusan liter air. Kualitas air juga sudah diuji lab dan menghasilkan rekomendasi untuk bisa dikonsumsi,” jelas Fahmi, Senin (16/12).

Saat tim ACTNews tiba di lokasi pabrik pengemasan Air Minum Wakaf, ribuan kemasan air telah terkemas dalam ratusan karton. Karton-karton ini nantinya akan dikirim untuk disimpan sementara di Waqf Distribution Center di kawasan Singasari, Kabupaten Malang.


Proses pengemasan Air Minum Wakaf yang dilakukan di pabrik binaan Lumbung Air Wakaf, Pasuruan, Jatim, Senin (16/12). Air ini akan didistribusikan dari Waqf Distribution Program yang ada di Malang. (ACTNews/Eko Ramdani)

Fahmi menambahkan, kesamaan visi serta tujuan untuk kegiatan sosial merupakan alasan CV Jenggolo Tirta menjadikan pabriknya sebagai Lumbung Air Wakaf. “Perusahaan ini memang awalnya berdiri hanya terbatas memproduksi air mineral untuk kegiatan-kegiatan sosial. Kini kesamaan visi dengan Global Wakaf-ACT yang menjadikan tempat ini menjadi Lumbung Air Wakaf,” tambahnya.

Global Wakaf-ACT dan CV Jenggolo Tirta sendiri berharap, dengan adanya Air Minum Wakaf ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas, khususnya bagi masyarakat prasejahtera yang membutuhkan air. Direktur Program ACT Wahyu Novyan mengatakan, air minum wakaf ini merupakan produk gratis alias tidak untuk dijual.

“Produk ini tidak untuk dijual. Global Wakaf-ACT akan mendistribusikan ke berbagai pesantren, masjid, serta sekolah-sekolah. Tujuannya agar anggaran yang sebelumnya dikeluarkan untuk kebutuhan minum, dapat dialihkan ke hal lain yang sama bermanfaatnya,” jelas Wahyu.

Saat ini, proses pendistribusian Air Minum Wakaf dari Waqf Distribution Center di Malang terus berlangsung. Pesantren, sekolah, dan masjid-masjid di wilayah Jatim menjadi penerima untuk distribusi awal ini. Nantinya, pendistribusian bantuan hasil pengelolaan wakaf ini akan terus diperluas. []


Bagikan