Mengakses Berkah di Pasar Sedekah

Sedekah jadi salah satu pembeda pasarsedekah.com dengan marketplace lainnya. Melalui pasarsedekah.com, pembeli dan penjual dapat secara otomatis berbagi ketika mereka melakukan transaksi jual-beli.

CEO pasarsedekah.com Puti Halimah ketika sedang memperkenalkan marketplace Pasar Sedekah. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Lewat pasarsedekah.com, kegiatan berjualan pun dapat diselingi dengan memberi. Penjual dan pembeli tidak hanya saling memberi manfaat di antara keduanya, namun juga untuk orang lain yang membutuhkan di luar sana. Sedekah menjadi kekuatan utama dari hadirnya marketplace besutan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini.

“Jadi menggambungkan Pasar Sedekah ini adalah suatu ikhtiar hebat, suatu usaha dahsyat, bagaimana caranya marketplace dari umat untuk umat ini jadi wajah baru atau jadi pembeda dari marketplace lainnya di Indonesia,” kata Puti Halimah selaku CEO pasarsedekah.com.

Perbedaan marketplace Pasar Sedekah dan yang lainnya, yang utama ada di nilai sedekahnya. Di awal penjual akan diajak untuk menunaikan sedekah per barang atau per produknya, begitu juga di akhir transaksi, lantas si pembeli juga dianjurkan untuk menunaikan sedekah.


“Kita tidak bisa lepas dari fitur-fitur utama yang disajikan Pasar Sedekah. Salah satunya kita memfasilitasi UMKM dari ACT yang terbentuk dari program Wakaf Modal Usaha Mikro, terus kita juga punya Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI). Dan Pasar Sedekah ini adalah salah satu ikhtiar untuk menjadikan wasilah mereka go digital. Apalagi pascapandemi orang-orang banyak yang go digital. Sayang kalau pelaku usaha menengah ini tidak kita fasilitasi,” kata Puti.

Lalu bagaimana dapat penjual ataupun pembeli dapat memanfaatkan dari dua keuntungan ini? Mereka dapat membukanya dengan mengakses pasarsedekah.com dan mendaftar pada halaman muka. Setelah itu mengisi borang yang nantinya akan disediakan di halaman selanjutnya.

“Setelah isi form, lengkap, upload produk dan lain sebagainya, nanti akan dihubungi oleh tim kami. Baru nantinya dilakukan proses lanjutan, verifikasi, pengisian data, dan lain sebagainya. Untuk role selanjutnya kan sebagai pembeli. Silakan lagi-lagi akses pasarsedekah.com, nanti diarahkan untuk daftar dahulu, habis daftar nanti dia dapat kode verifikasi di email,” tutur Puti.


Halaman muka Pasarsedekah.com lengkap dengan fiturnya. Salah satunya untuk mendaftar. (ACTNews)

Nantinya setelah berbelanja sekaligus bersedekah, pembeli juga akan dianjurkan untuk menambah sedekahnya yang telah terintegrasi dengan berbagai program dari ACT yang ada di laman Indonesia Dermawan. Semua fitur ini adalah sebagai ikhtiar ACT untuk menjadikan  sedekah sebagai aktivitas harian.

“Ini adalah salah satu keoptimisan ACT, dan ke depannya bakal jadi satu ikhtiar keoptimisan umat untuk membangun kembali kejayaan ekonomi di seluruh Indonesia. Jadi ke depannya kita memang harus melewati stage-stage dahulu, 1-3 bulan kedepannya kita akan masuk ke fase prestaging. Harapannya akan ada 5.000 penjual bergabung, dan juga akan ada 10.000 transaksi yang terjadi di Pasar Sedekah. Dan pastinya ini enggak bakal kejadian tanpa kolaborasi dari semua lini, seluruh masyarakat Indonesia dari semua lini apalagi umat muslim,” pungkas Puti. []