Mengantarkan Paket Pangan hingga ke Pedalaman Tana Toraja

Kebahagaiaan paket pangan terus meluas. Kini masyarakat di pedalaman Tana Toraja yang merasakannya.

ACTNews, TANA TORAJA – Paket Pangan Tepian Negeri terus didistribusikan hingga menjelang Lebaran. Sabtu (1/6), giliran warga di Dusun Sangbua, Desa Lembang Kaduaja di Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang mendapatkan paket pangan dari Global Zakat-ACT.

Dibantu 25 relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), proses pendistribusian paket pangan ini berlangsung lancar. Puluhan paket sembako dibagikan ke kepala keluarga yang ekonominya masih tahap prasejahtera. “Kami disambut keramahan warga Sangbua,” ungkap Nur Ali Akbar dari Tim Program ACT Sulsel, Senin (3/6).

Setiba di Sangbua, tim ACT telah disuguhkan hidangan untuk berbuka puasa nanti. Bahkan, untuk sahur pun akan disiapkan. Bagi warga Sangbua, ACT merupakan lembaga yang tak asing lagi. Pasalnya, sudah sejak jauh-jauh hari, dusun yang dihuni 100 persen mualaf itu menjadi binaan dan perhatian khusus dari ACT Sulsel.


Selain itu, pada Januari lalu, ACT juga membantu penyelesaian renovasi masjid satu-satunya di lingkungan tempat tinggal para mualaf itu. Sudah lama masjid tak selesai renovasi akibat dana swadaya masyarakat yang belum mencukupi.

Untuk mencapai salah satu Dusun Sangbua, perlu waktu tempuh sembilan jam perjalanan dari Kota Makassar, atau sekitar empat jam dari pusat Kabupaten Pinrang. Medan yang dilalui pun cukup menantang: berbatu dengan kemiringan yang curam.

Medan yang sulit untuk mencapai lokasi distribusi Paket Pangan Ramadhan Tepian Negeri ini juga dirasakan relawan yang mendistribusikan paket di wilayah Kepulauan Mentawai di Sumatra Barat. Mereka harus menyisiri sungai untuk tiba di desa tujuan distribusi.

Selama Ramadan tahun 2019 ini, ACT mendistribusikan paket pangan untuk masyarakat di berbagai pelosok negeri. Selain logistik yang memang dibagikan di lokasi distribusi, terdapat juga paket pangan yang dibawa dari luar daerah menggunakan Kapal Ramadhan. Menjelang Idulfitri, ACT bakal terus mendistribusikan paket pangan sekaligus sebagai hadiah Lebaran untuk masyarakat prasejahtera. []


Baca juga:

Kisah Kliwon, Penyandang Disabilitas yang Terima Paket Pangan Tepian Negeri

Bingkisan Idulfitri Sapa Masyarakat Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Di Kalsel, Kapal Ramadhan Berlayar ke Pulau Matasiri