Mengawali Tahun Ajaran Baru dengan Belajar Mitigasi Bencana

SDIT Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso mengawali tahun ajaran baru ini dengan belajar mitigasi bencana. Kegiatan ini untuk mengedukasi para siswa agar paham kebencanaan sejak dini, mengingat Kabupaten Bondowoso rawan terjadi berbagai macam bencana.

Mengawali Tahun Ajaran Baru dengan Belajar Mitigasi Bencana' photo

ACTNews, BONDOWOSO – Kegiatan belajar-mengajar di pekan pertama sekolah usai masa libur pergantian tahun ajaran, umumnya belum efektif. Misalnya, siswa pulang lebih cepat dari jadwalnya. Namun, hal itu tidak berlaku bagi SDIT Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso. Sekolah yang berlokasi di Jl. S.Parman no 64 Kabupaten Bondowoso ini bekerja sama dengan ACT Jember menggelar “Humanity Day” sebagai bagian dari proses pembelajaran di awal masuk sekolah.

Bertema Religius, Cerdas, dan Berkarakter, “Humanity Day” yang dilaksanakan pada Kamis (18/07) ini diikuti oleh puluhan siswa SDIT Kuntum Insan Cendikia dari kelas 3 hingga kelas 6. Kegiatan “Humanity Day” di SDIT KIC fokus pada pengenalan penanganan tanggap bencana bagi anak-anak. 

Kegiatan “Humanity Day” di SDIT Bondowoso diawali dengan menonton video-video tentang penanganan bencana. Aktivitas tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik kecil penanganan bencana. Antusiasme terlihat dari banyaknya siswa yang merespons setiap pertanyaan seputar penangan bencana. Mereka juga semangat menjawab soal-soal yang diberikan oleh pelatih terkait bencana yang ada di sekitar mereka. 

Ahmad Nur Hasan dari Tim Kemitraan ACT Jember mengatakan sangat penting bagi anak-anak untuk paham sejak dini tentang kebencanaan. Hal ini mengingat kawasan Jawa Timur rawan terjadi berbagai macam bencana. “Gempa, tanah longsor, banjir hingga gunung meletus adalah beberapa bencana yang mungkin terjadi di wilayah Jawa Timur, terutama daerah Bondowoso yang secara geografis adalah wilayah pegunungan. Oleh karenanya, kita perlu untuk melakukan kegiatan-kegiatan bertema mitigasi bencana sehingga masyarakat paham apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana,” terang Ahmad.

Kepala sekolah SDIT Kuntum Insan Cemerlang Susan Bayu berterima kasih kepada tim ACT atas terselenggaranya kegiatan “Humanity Day” di SDIT KIC Bondowoso. “Alhamdullilah, terima kasih tim ACT. Kegiatan mitigasi bencana ini sebagai bentuk antisipasi dan memberikan pengetahuan kepada siswa tentang hal-hal yang harus dilakukan ketika terjadi bencana, walaupun kita juga berharap tidak akan ada bencana. Ini hanya sebagai bentuk ikhtiar kita dalam memberikan pengetahuan ke anak-anak,” jelas Susan Bayu.

Lebih lanjut lagi, Susan juga menjelaskan aktivitas tersebut juga sebagai ajang bagi siswa SDIT KIC Bondowoso untuk belajar berempati dan menumbuhkan rasa kemanusiaan, utamanya bagi saudara-saudara yang sedang terdampak bencana. “Manfaatnya sekaligus menumbuhkan empati dalam hidup bermasyarakat dan membangun kepedulian terhadap saudara-saudara yang sedang tertimpa bencana,” imbuh Susan.


M.R. Warang Agung selaku Kepala Cabang ACT Jember mengatakan program “Humanity Day” adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh ACT Jember. Selain untuk memperkenalkan program-program kemanusiaan ACT, “Humanity Day” juga bertujuan untuk memupuk jiwa kemanusiaan, kerelawanan, dan kedermawanan. Terkait dengan konsep acara, M.R. Warang agung menjelaskan bahwa cakupan kegiatan “Humanity Day” bukan hanya tentang mitigasi bencana saja, namun juga berkaitan dengan isu-isu kemanusiaan yang lain seperti kemiskinan. 

“Insyaallah program ‘Humanity Day’ akan terus kami lakukan dan menyapa lebih banyak sekolah lagi di wilayah kerja ACT Jember. Kebetulan juga sudah banyak sekolah yang menghubungi kantor kami untuk meminta diadakan ‘Humanity Day’ di sekolah mereka,” pungkas Warang Agung. []

Bagikan