Mengenal Program Wakaf Sawah Produktif Lebih Dekat

Program Wakaf Sawah Produktif (WSP) merupakan bagian dari Gerakan Sedekah Pangan Nasional. WSP adalah program optimalisasi dana wakaf yang disalurkan khusus kepada petani padi, untuk kebutuhan permodalan usaha tani dalam bentuk pengadaan sarana produksi, sedekah kerja, dan pendampingan.

Petani sedang menanam padi di sawah (ACTNews/Eko)

ACTNews, JAKARTA – Global Wakaf-ACT melalui Program Wakaf Sawah Produktif berikhtiar membantu petani dalam mewujudkan kedaulatan pangan bangsa. Renaldi Daniel dari tim Program Global Wakaf-ACT mengatakan, Global Wakaf-ACT melalui WSP melakukan intervensi di tiga aspek, yaitu teknologi pertanian, modal kerja, dan penyerapan hasil panen oleh Global Wakaf-ACT.

“Intervensi teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi, modal kerja untuk kebutuhan produksi seperti membeli pupuk dan bibit, ketiga kita menjamin pembelian gabah dengan harga yang menguntungkan buat petani,” ujar Daniel dalam Humanity Talk, Selasa (23/3/2021).

Berkaitan dengan teknologi pertanian, penggunaannya tidak hanya di alat-alat produksi pertanian, tetapi dari pemilihan benih dan proses pemupukan.  “Dalam program WSP, benih yang digunakan adalah HMS700, di mana dalam satu malai mempunyai 700 bulir. Maka potensi hasil panen hingga 12 ton lebih tinggi,” katanya.

Kemudian, lanjut Daniel, penggunaan pupuk untuk pertanian juga harus tepat. Karena hari ini petani masih sulit mendapatkan pupuk. Meski pupuk subsidi tersedia, namun masih sedikit petani yang bisa mengaksesnya.

“Oleh karena itu, Global Wakaf-ACT menyiapkan jaminan ketersediaan pupuk. Sehingga petani fokus menanam dan merawat padi sampai panen,” lanjut Daniel.

Terakhir, target jumlah lahan meluas hingga 100 sampai 500 hektare. Bahkan hingga 2025, program WSP diharapkan menjangkau 5 juta hektare sawah. Lebih lanjut, program WSP diharapkan dapat menjaring milenial untuk menjadi petani. Asumsi menjadi petani adalah kuno bisa hilang karena teknologi pertanian yang digunakan. 

“Ini sudah dimulai dengan menggandeng santri di pesantren. Selain agama, santri juga dididik untuk menguasai budidaya pertanian,” tambahnya.

WSP Global Wakaf-ACT merupakan bagian dari Gerakan Sedekah Pangan Nasional. WSP adalah program optimalisasi dana wakaf yang disalurkan khusus kepada petani padi, untuk kebutuhan permodalan usaha tani dalam bentuk pengadaan sarana produksi, sedekah kerja, dan pendampingan. Melalui modal kerja WSP, petani padi diharapkan tidak lagi terjerat perutarangan dan riba.[]