Mengenalkan Kerelawanan Sejak Wahyu Kecil

Wahyu (7) seorang bocah asal Cirebon. Di usia yang masih belia, ia tak sungkan bergabung dalam berbagai aksi kemanusiaan bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia-ACT.

MRI Cirebon
Wahyu, relawan cilik asal Cirebon yang kerap ikuti aksi kemanusiaan MRI. (ACTNews)

ACTNews, CIREBON Usia Wahyu memang baru menginjak 7 tahun, akan tetapi, bocah asal Cirebon tersebut tak pernah sungkan bergabung dalam aksi kemanusiaan yang relawan Masyarakat Relawan Indonesia-ACT gelar. Membantu sesama seakan menjadi kegemarannya.

Seperti saat tim MRI berkunjung ke kediaman seorang ibu yang memiliki sakit paru-paru. Wahyu ikut ke sana. Ia membantu menurunkan berbagai bantuan yang diserahkan kepada ibu tersebut. Semangat jelas terlihat dari wajah Wahyu.

"Awal Wahyu ikut kegiatan itu karena sering saya ajak ke Kantor ACT Cirebon. Kami kenalkan tujuan dan kegiatan sosial yang MRI-ACT adakan. Apalagi ini merupakan kegiatan bermanfaat,” ungkap Hartono, relawan MRI Cirebon yang juga paman Wahyu, Rabu (3/11/2021).

Hartono menambahkan, mengenalkan Wahyu dengan kegiatan kemanusiaan bersama relawan bukan tanpa alasan. Ia juga ingin agar keponakannya tersebut tak takut saat bertemu orang lain, harapannya Wahyu memiliki banyak teman.

“Kegiatan pertama Wahyu saat itu ikut menjual PLP (pakaian layak pakai) di depan kantor yang hasilnya untuk aksi kemanusiaan,” kata Hartono. Wahyu saat ini duduk di kelas 1 SD, ia hanya ikut kegiatan relawan saat sedang libur saja.


Wahyu relawan cilik tengah berbelanja sembako dan keperluan medis (ACTNews)

Ketua MRI Cirebon Subandi mengatakan, saat ini Wahyu sering ikut pendampingan pasien program Mobile Sosial Rescue yang kebetulan penanggung jawabnya ialah Hartono, sang paman. Tak seluruh kegiatan pendampingan memang yang Wahyu ikuti. Akan tetapi, harapan Subandi, kerelawanan mampu mengenalkan Wahyu pada kegiatan baik sebagai bekal dan pembelajaran baginya menghadapi masa depan.[]