Menghadirkan Akses Pangan Murah Berkualitas

Operasi Pangan Murah ACT luncurkan beberapa waktu lalu. Program ini hadir sebagai ikhtiar menghadirkan akses pangan murah berkualitas. Saat ini, aksinya telah meluas ke berbagai daerah.

operasi pangan murah
Relawan MRI Malang (kedua dari kiri) sedang membantu warga membawa paket pangan dari Operasi Pangan Murah. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN, CIMAHI, LHOKSEUMAWE, MALANG – Sejak resmi diluncurkan pertengahan Oktober lalu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluaskan Operasi Pangan Murah ke berbagai daerah. Langkah ini diambil sebagai dukungan atas bergeliatnya kembali berbagai aktivitas masyarakat, termasuk pendidikan dan ekonomi, walau belum sepenuhnya seperti semula. Di momen ini, Operasi Pangan Gratis hadir untuk meringankan urusan pangan masyarakat.

Di Jakarta, Operasi Pangan Murah diadakan di berbagai titik. Di Masjid Al-Insan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (21/10/2021), misalnya. Mendapat dukungan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Operasi Pangan Murah menyasar warga prasejahtera yang ekonominya turut terdampak pandemi dan tengah mencoba bangkit kembali saat ini.

“Kami (MUI Jakarta Selatan) menyambut baik program Operasi Pangan Murah dengan harapan program ini dapat berkelanjutan. Paket pangan yang bapak dan ibu beli ini dananya akan digunakan kembali untuk diberikan kepada orang lain. Ini yang dinamakan berkesinambungan, insyaallah pahala terus mengalir,” ungkap KH. Abdul Hadi, Sekretaris Umum MUI Jakarta Selatan.

Operasi Pangan Murah memang hadir untuk menyambut geliat kehidupan yang berangsur normal. Dengan bandrol setengah harga, diharapkan, warga yang kini roda ekonominya mulai berputar dapat mengakses pangan terbaik dengan harga terbaik pula.

Tak hanya di Jakarta, bazar pangan murah ini juga digelar di Cimahi, Jawa Barat. Aksi ini didukung oleh berbagai mitra, mulai dari Dinas Sosial, remaja masjid, komunitas hingga perusahaan yang turut peduli pada isu kemanusiaan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Serupa di Jakarta dan Cimahi, Operasi Pangan Murah juga hadir di Malang. Ahad (24/10/2021), program dengan konsep saling tolong menolong ini diadakan untuk pertama kalinya di Malang di Pesantren Tholabie, Buring, Kedungkandang. Beras, gula, minyak goreng, tepung dan kebutuhan pokok lainnya dijual setengah harga.

Kepala Cabang ACT Malang Iqrok Wahyu Perdana mengatakan, Operasi Pangan Murah menjadi salah satu solusi dari sulitnya akses pangan murah dengan kualitas terbaik untuk warga prasejahtera. Tak sebatas itu, program ini pun menjadi ladang untuk saling membantu.

“Bagi yang ingin membeli dengan harga full pun bisa. Nantinya, semua dana akan digunakan untuk menyubsidi saudara kita yang lain,” jelas Iqrok.

Tak hanya di Jawa, Operasi Pangan Murah juga meluas hingga ke Sumatra, tepatnya di Bireuen. Ada puluhan paket pangan yang ditebus setengah harga.[]